Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024

Rifah, Siti Ainur (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text (SK-005-IPS-2024)
Siti Ainur Rifah_ 201101090026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Siti Ainur Rifah, 2024: Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci : Metode pembelajaran, Pictorial riddle, Berpikir kritis.
Pendidikan menekankan pada proses pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik Di dalam proses pendidikan mencakup salah satu kecakapan hidup life skill yaitu kemampuasn berfikir thinking skill. Pada pembelajaran IPS juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah sosial.Kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Ajung rendah, salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah metode pembelajaran. Oleh karena itu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan metode pembelajaran yang mendukung siswa untuk belajar secara aktif salah satu metode yang digunakan yaitu pictorial riddle.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada quasi eksperimen adalah nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan diterapkan metode pembelajaran Pictorial Riddle dan kelas control dengan diterapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10 butir soal.Uji Hipotesis yang digunakan untuk mengetahui hasil peneitian adalah uji-t.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t didapat bahwa bahwa nilai sig (2- tailed) yaitu, 0,000, hal ini menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel (14,704>2,006 )yang artinya ada perbedaan yang signfikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ainur Rifah
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:28
Last Modified: 03 Jul 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34365

Actions (login required)

View Item View Item