Pengembangan Majalah Sains Berbasis al-Qur’an pada Materi Sistem Gerak Manusia Siswa SMP/MTs Kelas VIII.

Inta Niatul, Hasanah (2021) Pengembangan Majalah Sains Berbasis al-Qur’an pada Materi Sistem Gerak Manusia Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
Inta Niatul Hasanah_T201710043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Inta Niatul Hasanah, 2021: Pengembangan Majalah Sains Berbasis al-Qur’an pada Materi Sistem Gerak Manusia Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Kata Kunci: Buku penunjang, majalah, sains al-Qur’an, sistem gerak manusia. Sistem Gerak pada Manusia merupakan salah satu materi pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII SMP/MTs, materi tersebut bersifat kontekstual di mana konsep yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan al-Quran merupakan buku induk dari pengetahuan, perlunya menyisipkan nilai-nilai agama (ayat-ayat kauniah) dalam pembelajaran sains dapat didasarkan pada beberapa alasan, salah satunya yaitu untuk menghindari kehampaan spiritual dalam pendidikan sains di sekolah. Namun pembelajaran di SMP/MTs masih sedikit sekali yang menyertakan ayat-ayat al-Qur’an atau nilai- nilai keislaman di dalamnya. Selain itu, menurunnya minat baca peserta didik dapat mengakibatkan kurangnya informasi pengetahuan, karena sebagian besar pengetahuan disajikan dalam bentuk tulisan. Salah satu solusi yang dapat mengatasi hal tersebut adalah mengembangkan buku yang menarik dan dapat menambah pengetahuan peserta didik seperti majalah sains berbasis al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan validitas majalah sains berbasis al-Qur’an pada materi Sistem Gerak Manusia untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII, 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pengembangan majalah sains berbasis al-Qur’an pada materi Sistem Gerak Manusia unuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Dissiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh validator materi, validator keagamaan, validator media dan pengguna (guru). Uji respons peserta didik melalui dua tahap yaitu uji coba skala dilakukan oleh 6 peserta didik dan uji coba skala besar dilakukan oleh 30 peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan uji respons peserta didik terhadap majalah sains berbasis al-Quran menyatakan: 1) Kevalidan materi sebesar 88,75%, kevalidan keagamaan sebesar 85%, kevalidan media sebesar 97,14% dan pengguna (guru) sebesar 90,30%. Hal ini menunjukkan tingkat validitas majalah sains berbasis al-Qur’an dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata dari ketiga validator sebesar 90, 29%. 2) Hasil respons peserta didik skala kecil sebesar 90, 96% dan skala besar 90,66%. Hasil tersebut menunjukkan respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat menarik untuk pengembangan majalah sains berbasis al-Quran pada materi Sistem Gerak Manusia untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 29 Mar 2022 08:57
Last Modified: 29 Mar 2022 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item