Pengembangan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Sunan Giri Balung Jember Tahun Pelajaran 2023-2024

Kholida, Iffatul (2024) Pengembangan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Sunan Giri Balung Jember Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-012-PIAUD-2024)
IFFATUL KHOLIDA_T20185075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Iffatul Kholida, 2024. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Sunan Giri Balung Jember tahun pelajaran 2023-2024.

Kata Kunci : Pengembangan bahasa, Bercerita, Boneka Tangan

Pengembangan bahasa anak merupakan suatu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting untuk di kembangkan dalam kehidupan baik di lingkup sekolah maupun rumah. Perkembangan kemampuan berbicara anak dapat di gunakan untuk berinteraksi dengan manusia lain sehigga terjalin sesuatu interaksi sosial. Serta anak juga dapat mengutarakan gagasan, ide, atau pendapatnya kepada orang lain. Berbagai metode dilakukan oleh guru dalam menstimulasi aspek kemampuan berbicara anak. Salah satu di antaanya yaitu penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Sunan Giri Balung Jember.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana perkembangan bahasa anak di TKMNU Sunan Giri Balung melalui metode bercerita? 2. Bagaimana penggunaan media boneka tangan di TKMNU Sunan Giri Balung melalui metode bercerita.
Tujuan penelitian tersebut adalah 1. Mendeskripsikan perkembangan bahasa anak di TKMNU Sunan Giri Balung melalui metode bercerita. 2. Mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan di TKMNU Sunan Giri Balung melalui metode bercerita.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data mengggunakan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Perkembangan bahasa anak usia dini melalui media boneka tangan untuk mendukung kemampuan bahasa anak berjalan efektif. Dengan media boneka tangan ini anak-anak dapat lebih fokus untuk menerima penyampaian materi yang di sampaikan oleh guru. 2) Metode bercerita menggunakan median boneka tangan dapat mendukung kemampuan pengembangan bahasa anak. Dalam penggunaan media boneka tangan anak didik memperhatikan gerak tangan seraya mendengarkan isi dari cerita. Sehigga anak didik dapat menambah wawasan dan kosa kata anak untuk kemampuan berbicara saat berinteraksi di lingkungan sekolah ataupun rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Iffatul Kholida
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:59
Last Modified: 09 Jul 2024 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34385

Actions (login required)

View Item View Item