Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Mts Negeri 2 Jember Tahun Pembelajaran 2019/2020

Aries Dimas, Revaldy (2020) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Mts Negeri 2 Jember Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Aries Dimas Revaldy_T20151108.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aries Dimas Revaldy, 2019/2020: “PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020”. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan program Sistem Kredit Semester (SKS) yang bertujuan untuk mewadahi sekaligus memfasilitasi siswa-siswi yang dirasa memiliki kecerdasan diatas rata-rata dan bisa menempuh studinya lebih cepat dibandingkan kelas lainnya. Dengan adanya program ini diharapkan mampu memberikan dampak yang baik dan dapat meningkatkan kedisiplinan bagi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan pebelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan pebelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana evaluasi pengelolaan pebelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 2 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Jenis penelitian menggunakan pendekatan Fenomenologi, teknik penentuan subyek penelitian menggunaka purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conslucion drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun temuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Perencanaan dalam pengelolaan pembelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah merancang seluruh perangkat pembelajaran guna memberi pemahaman kepada peserta didik terkait proses pembelajaraannya dan mengenai kedisiplinan itu sendiri. Hal ini dimulai dari menentukan jadwal mata pelajaran dan kegiatan sekolah, menyusun RPP dan silabus, sosialisasi dengan peserta didik dan wali murid. (2) Pelaksanaan dalam pengelolaan pembelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah dimulai dari mengelompokkan peserta didik yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata untuk kemudian dikhususkan dalam melaksanakan studinya lebih cepat dibandingkan dengan kelas lainnya. Dalam meningkatkan kedisiplinan dimulai dari melaksanakan kegiatan ibadah atau pembiasaan yang sifatnya harus konsisten dan istiqamah, serta dilaksanakan di setiap waktu dan dengan adanya peraturan atau tata tertib yang sudah sesuai dengan tindakan atau sanksi yang diberikan. (3) Evaluasi dalam pengelolaan pembelajaran berbasis sistem kredit semester (SKS) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah evaluasi dalam program ini dilaksanakan berupa pengayaan, remedial untuk melihat sejauh mana prestasi atau kemampuan yang dimiliki dalam oleh peserta didik yang ada pada program tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:09
Last Modified: 13 Apr 2022 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item