Penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember

Fikriyah, Elok Miftakhul (2024) Penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 026 - PGMI - 2024)
SKRIPSI ELOK MIFTAKHUL FIKRIYAH 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Elok Miftakhul Fikriyah, 2024: “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember”

Metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping merupakan alternative pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linier. Mind Mapping menggapai kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dari segala arah. Mind Mapping menggunakan kemampuan otak akan pengenalan visual untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Dengan kombinasi warna, gambar, dan cabang-cabang melengkung. Mind Mapping lebih merangsang secara visual daripada metode pencatatan tradisional, yang cenderung linear atau satu warna. Ini akan sangat mempermudah mengingat informasi karena otak memiliki kemampuan alami untuk pengenalan visual, bahkan sebenarnya pengenalan visual merupakan pengenalan yang sempurna. Inilah sebabnya kita akan lebih mengingat infor masi jika kita menggunakan gambar. Dalam hal ini metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping benar-benar efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember? 2)Faktor apa saja yang mendorong digunakannya metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember? 3) Bagaimana strategi guru dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping benar-benar efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong digunakannya metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember. 3) Untuk mengetahui Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam melalui metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas V MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember.
Dalam penelitian ini yakni menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data lapangan model Miles dan Hubermen yang melipti: 1) pengumpulan data 2) reduksi data 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember dibuktikan dari rekap nilai hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai KKM. 2) Faktor pendorong penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dalam proses pembelajaran yaitu, media mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan aktivitas kelompok, mind mapping memungkinkan siswa menuangkan seluruh ide dalam bentuk visualisasi kreatif, memudahkan otak dalam memahami dan menyerap informasi dengan cepat. 3) Strategi yang digunakan oleh guru dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe mind mapping yaitu guru membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 siswa setiap anggota kelompoknya tidak memiliki kemampuan akademik yang homogen. Maka mereka akan saling bertukar pikiran dan bekerja sama dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1202 Building > 120202 Building Science and Techniques
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ELOK MIFTAKHUL FIKRIYAH
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:04
Last Modified: 03 Jul 2024 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34418

Actions (login required)

View Item View Item