Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Silvia, Rizkiah (2024) Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-025-TADRIS-MTK-2024)
SKRIPSI Silvia Rizkiah selesai b5 1x.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Silvia Rizkiah, 2024: Kemampuan Representasi matematis Siswa dalam
Menyelesaikan Masalah perbandingan Kelas VII MTs Nurul Ulum Ditinjau Dari
Kemampuan Komunikasi Matematis
Kata Kunci : Kemampuan representasi, Komunikasi matematis, Perbandingan.
Kelmampuan adalah kapasiltas selselolrang ilndilvildu untuk mellakukan
belragam tugas dalam suatu pelkelrjaan. Kelmampuan matelmatils yang dilmaksud
dalam pelnelliltilan ilnil adalah kelmampuan yang dil butuhkan untuk mellakukan
belrbagail aktilfiltas melntal, belrpilkilr, melnellaah, melmelcahkan masalah silswa dalam
melnyellelsailkan solal-solal matelmatilka.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis yang telah
menemukan bahwa sebagian besar siswa kurang mampu mengerjakan masalah
matematika dan siswa juga kesulitan saat menerjemahkan soal yang berbasis
masalah.
Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah
perbandingan kelas VII ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Nurul ulum kelas VII. Subjek penelitian ini adalah 3 orang
siswa dari 7 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes kemampuan representasi matematis, tes komunikasi matematis, dan
pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis
siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum terbagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu
memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi, sedang, dan rendah.
Siswa dengan kelmampuan komunikasi matelmatils tilnggil mampu melmelnuhil tilga
ilndilkatolr kemampuan representasi matematis, yaitu kelmampuan relprelselntasil vilsual, pelrsamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. Siswa
dengan kelmampuan komunikasi matelmatils seldang hanya mampu melmelnuhil dua
ilndilkatolr kemampuan representasi matematis, yaitu kelmampuan relprelselntasil vilsual dan pelrsamaan atau ekspresi matematis. Seldangkan siswa dengan
kelmampuan komunikasil matelmatils relndah hanya mampu melmelnuhil satu
ilndilkatolr kemampuan reprsentasi matematis, yailtu kelmampuan relprelselntasil vilsual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Silvia Rizkiah
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:44
Last Modified: 27 Jun 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item View Item