Pengembangan media pembelajaran animasiI 2D interaktif berbasis Scratch pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Ichsan, Maulana (2024) Pengembangan media pembelajaran animasiI 2D interaktif berbasis Scratch pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-042-PGMI-2024)
Maulana Ichsan_205101040017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Maulana Ichsan, 2024 : “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024”.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch, dan Pendidikan Pancasila.

Memasuki era revolusi industri, penggunaan teknologi semakin meluas sehingga berdampak negatif berupa ketergantungan gadget khususnya pada anak gen-z. Reformasi pendidikan nasional menawarkan solusi merdeka belajar agar dapat memaksimalkan beragam konten untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran yang seringkali tidak efektif karena metode belajar yang sama membutuhkan inovasi agar dapat meningkatkan antusiasme dan minat siswa dalam belajar. Scratch merupakan pemanfaatan teknologi sebagai media belajar modern yang relate dengan kebutuhan belajar gen-z usia sekolah dasar saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengembangkan Media Pembelajaran Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan penggunaan Media Pembelajaran Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan peserta didik setelah menggunakan Media Pembelajaran Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu : 1)Analyze, 2)Design, 3)Development, 4)Implementation dan 5)Evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif di sajikan bentuk deskriptif dan data kuantitatif disajikan bentuk tabel berupa hasil angket validasi media, dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket.
Penelitian ini memperoleh hasil simpulan : 1) Bentuk pengembangan media pembelajaran berupa game animasi 2D interaktif scratch, 2) Kelayakan media diperoleh dari hasil validitas 1 ahli media, 1 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 1 ahli pembelajaran. Pada pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 82 %, dengan kategori layak dan mengalami peningkatan pada validasi kedua dengan rata-rata 92 % kategori sangat layak. 3) Keefektifan media diperoleh dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari 68 % pada pretest menjadi 85% pada saat posttest. Hasil ini kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain Score dan mendapat rata-rata 57,5% dengan tafsiran efektif. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran animasi 2D interaktif berbasis scratch ini dinyatakan layak diterapkan dan efektif penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi 2D Interaktif Berbasis Scratch, dan Pendidikan Pancasila.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ichsan Maulana Pgmi
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:24
Last Modified: 04 Jul 2024 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item View Item