Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rogojampi Banyuwangi

Nafisah, Durrotun (2024) Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rogojampi Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
tesis nafis fikkkkkk (1).pdf

Download (78MB)

Abstract

Nafisah, Durrotun. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 2 Rogojampi Banyuwangi.

Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mundir, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Berpikir Kritis

Model PBL diartikan sebagai model pembelajaran yang di dalamnya melibatkan sasaran didik untuk berusaha memecahkan masalah dengan beberapa tahap metode ilmiah sehingga siswa diharapkan mampu untuk mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan masalah tersebut dan sekaligus siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana identifikasi masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 02 Rogojampi Banyuwangi? 2) Bagaimana diagnonosis masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 02 Rogojampi Banyuwangi? 3) Bagaimana penentuan alternatif solusi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 02 Rogojampi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk menemukan identifikasi masalah, diagnosis masalah, dan penentuan alternatif solusi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 02 Rogojampi Banyuwangi.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan sumber.
Hasil penelitian diantaranya 1) Identifikasi masalah yang dilakukan guru dalam model PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode information search dan jigsaw ialah dilakukan dengan mengecek hasil diskusi dalam penyelesaian masalah, melatih kemampuan berargumentasi, membedakan opini dan fakta, menentukan ide dan gagasan yang riil pemikiran sendiri terkait intropeksi diri dan mawas diri. 2) Diagnosis masalah memiliki dua tahapan yang dilakukan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan menggali data dari sumber referensi yang memiliki korelasi antara satu dengan lainnya, yakni pengkajian faktor munculnya penyebab masalah dan akibat yang terjadi saat adanya masalah. 3) Penentuan alternatif solusi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan menganalisis kasus mawas diri dan intropeksi diri pada situasi nyata menggunakan pemikiran logis, mengembangkan keterampilan dalam mengevaluasi kebenaran, mengkonstruksi fakta dengan opini, pembuatan karya, dan meningkatkan pengembangan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Durrotun Nafisah
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:12
Last Modified: 27 Jun 2024 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34453

Actions (login required)

View Item View Item