Implementasi model pembelajaran problem BASED LEARNING berbasis Literasi Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dI SMA NEGERI 1 JEMBER

Rahmawati, Mutiara (2024) Implementasi model pembelajaran problem BASED LEARNING berbasis Literasi Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dI SMA NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-053-PAI-2024)
Skripsi Watermark Mutiara Rahmawati 201101010058 REVISI SIDANG Terbaru edit mz bob Ada ttd Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mutiara Rahmawati, 2023: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbasis Literasi Digital Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Jember.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Literasi Digital, Pendidikan Agama Islam.
Pembelajaran pada kurikulum merdeka saat ini ditekankan berpusat pada
siswa untuk itu diperlukan inovasi dalam pendekatan pembelajaran. Salah satu
inovasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024 adalah
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis literasi digital
untuk mendorong siswa agar lebih aktif dan kritis dengan pemanfaatan literasi
digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan model
pembelajaran problem based learning berbasis literasi digital pada mata Pelajaran
Pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X-5 SMA Negeri 1 Jember?, 2)
Bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis
literasi digital pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti di
kelas X-5 SMA Negeri 1 Jember?, 3) Bagaimana asesmen model pembelajaran
problem based learning berbasis literasi digital pada mata Pelajaran Pendidikan
agama islam dan budi pekerti di kelas X-5 SMA Negeri 1 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model
pembelajaran problem based learning berbasis literasi digital pada mata Pelajaran
Pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X-5 SMA Negeri 1 Jember, 2)
Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning
berbasis literasi digital pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam dan budi
pekerti di kelas X-5 SMA Negeri 1 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan asesmen
model pembelajaran problem based learning berbasis literasi digital pada mata
Pelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X-5 SMA Negeri 1
Jember.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analasis
data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dan pengujian keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa (1) Perencanaan
pembelajaran berupa modul ajar, power point dan buku teks. (2) Pelaksanaaan
pembelajaran terdapat tiga tahapan yaitu Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti. Dan
Kegiatan penutup. (3) Asesmen pembelajaran berupa penilaian observasi, penilaian
formatif, penilaian sumatif dan remidial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Literasi Digital, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Rahmawati Riyadi
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:52
Last Modified: 04 Jul 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34467

Actions (login required)

View Item View Item