Implementasi pembelajaran Fikih melalui model pembelajaran inside outside circle di Kelas V Samphan Vittaya School, Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024

Yusoh, Muhammadhilmee (2024) Implementasi pembelajaran Fikih melalui model pembelajaran inside outside circle di Kelas V Samphan Vittaya School, Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-051-PAI-2024)
Muhammadhilmee Yusoh - T20191504.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Muhammadhilmee Yusoh, 2024: “Implementasi Pembelajaran Fikih melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle kelas V di Samphan Vittaya School, Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024.”

Kata Kunci: Pembelajaran Fikih, Model Pembelajaran Inside Outside Circle

Pembelajaran Fikih selama ini hanya menggunakan model ceramah dan
kurang bervariasi. Hal tersebut membuat pendidik merasa kelelahan serta peserta
didik mudah bosan dan jenuh. Perlu adanya suatu inovasi pembelajaran agar
proses belajar lebih aktif dan efektif. Inovasi yang diterapkan di Sekolah Samphan
Vittaya School, Pattani Thailand yakni Model Pembelajaran Inside Outside Circle
yang mempunyai peranan untuk meningkatkan keaktifan dan meningkatkan
keterampilan komunikasi dalam konteks pembelajaran.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran Fikih melalui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas V di
Sekolah Samphan Vittaya School, Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024?
2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fikih melalui model pembelajaran Inside
Outside Circle kelas V di Sekolah Samphan Vittaya School, Pattani Thailand
Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fikih melalui
model pembelajaran Inside Outside Circle kelas V di Sekolah Samphan Vittaya
School, Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2)
Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan pembelajaran
meliputi lima aspek utama yaitu: a) Guru menentukan tujuan model pembelajaran
Inside Outside Circle dan tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi
Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran, c) Guru memilih sumber
belajar melalui buku dan media pembelajaran dengan powerpoint, d) Guru
menetapkan model pembelajaran Inside Outside Circle, e) Guru menetapan
penilaian observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda. (2) Pelaksanaan
pembelajaran yaitu: a) Guru membuka pelajaran yang diawali dengan salam,
membaca doa, memberikan semangat, motivasi, arahan dan apersepsi, b) Guru
menyampaikan materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran
melalui media powerpoint, c) Guru menerapkan model pembelajaran Inside
Outside Circle sesuai dengan langkah-langkah model, d) Guru menutup pelajaran
dengan refleksi materi, merangkum, ditutup dengan doa dan salam. (3) Evaluasi
pembelajaran dilakukan guru melalui observasi dan mengamati bacaan Al-Quran
siswa serta tes objektif bentuk pilihan ganda menunjukkan hasil yang sempurna
dan seluruh siswa mendapat nilai diatas Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammadhilmee Yusoh
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:59
Last Modified: 04 Jul 2024 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34469

Actions (login required)

View Item View Item