Implementasi Program Organisasi Siswa Intra Madrasah Dalam Penanaman Etos Kerja Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

Dama Yanti, Alvina (2024) Implementasi Program Organisasi Siswa Intra Madrasah Dalam Penanaman Etos Kerja Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-067-MPI-2024)
Alvina Dama Yanti_204101030017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Alfina Damayanti,2024:” Implementasi Program Organisasi Siswa Intra Madrasah Dalam Penanaman Etos Kerja Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi”.
Kata Kunci: Implementasi, Organisasi Siswa Intra Madrasah, Penanaman Etos Kerja
Program OSIM merupakan kegiatan yang dirancang oleh OSIM untuk menghasilkan dampak baik bagi madrasah dan mencapai tujuan pembinaan, pengembangan siswa sesuai dengan visi misi madrasah. Dengan mengikuti kegiatan OSIM, siswa tidak hanya belajar mengenai organisasi saja, akan tetapi dengan mengikuti OSIM dapat membentuk jiwa kepemimpinan. Keunikan yang dimiliki OSIM MAN 1 Banyuwangi ini (1) Mengadakan rapat bersama setiap satu bulan sekali dilakukan bersama-sama dengan ekstrakurikuler yang lain seperti: Pramuka, Pecinta Alam, PMR, dan lain sebagainya. (2) Mengadakan jumat beramal, tujuannya digunakan untuk membantu siswa yang kurang mampu untuk membeli kebutuhan sekolah seperti: buku, alat tulis dan lain sebagainya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana perencanaan kegiatan Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi? 3) Bagaimana implikasi Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi 3) Untuk mendeskripsikan implikasi Organisasi Siswa Intra Madrasah dalam penanaman etos kerja di MAN 1 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi: kepala madrasah, pembina OSIM, dan Anggota OSIM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah:1) Dengan adanya perencanaan kegiatan tersebut menjadikan anggota OSIM menjadi lebih siap untuk melaksanakan kegiatan dan memberikan dampak yang baik bagi siswa-siswi MAN dan warga madrasah.2) Kebersamaan mereka dalam menambah kualitas madrasah menjadikan madrasah semakin dikenal masyarakat dengan nilai baik.3) membuat anggota OSIM lebih semangat dan optimis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrss Alfina Damayanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:50
Last Modified: 09 Jul 2024 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34482

Actions (login required)

View Item View Item