Pengembangan Media Leaflet Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Darul Qur'an Glenmore Banyuwangi

Sholehah, Izza Afkarinatus (2024) Pengembangan Media Leaflet Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Darul Qur'an Glenmore Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-090-PAI-2024)
IZZA AFKARINATUS SHOLEHAH_ T20171117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Izza Afkarinatus Sholehah, 2024: Pengembangan Media leaflet materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa umayyah mata pelajaran pendidikan agama Islam Kelas VIII SMP Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Leaflet.
Materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah merupakan materi yang memiliki pokok bahasan dengan penjelasan yang cukup banyak sehingga menjadi materi yang sulit dipahami dan 95% dari 20 siswa mengalami kesulitan apabila hanya menggunakan LKS, dan sarana prasarana yang kurang memadai hal ini mengakibatkan kurang efektifnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi media pembelajaran praktis, menarik dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam hal ini, pembelajaran membutuhkan media pembelajaran berupa media cetak. Pemilihan media melalui hasil analisis kebutuhan. 60% dari 20 siswa memilih media leaflet. Media Leaflet sebagai media yang dipilih merupakan media cetak selembaran praktis dan sederhana yang berisikan ringkasan-ringkasan materi, gambar dan ilustrasi sehingga terkesan menarik dan dapat digunakan kapanpun yang siswa inginkan
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan validitas media Leaflet materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa umayyah mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Darul Qur’an. 2) Untuk mendeskripsikan ketertarikan siswa terhadap media Leaflet materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa umayyah mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Darul Qur’an. 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas media Leaflet materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Darul Qur’an.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembagan ADDIE. Model ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data mneggunakan pedoman wawancara, angket, soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil akhir dari pengembangan media leaflet materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah. Hasil validasi ahli materi diperoleh 88,33% dengan kriteria kevalidan “sangat valid”, validasi ahli media diperoleh 94,28% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli praktisi 92,10% dengan kriteria “sangat valid” dengan skor rata-rata dari seluruh validasi ahli diperoleh 91,57% dengan kriteria “sangat valid” yang artinya media leaflet pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah sangat valid dan layak digunakan pada saat pembelajaran. Ketertarikan siswa diperoleh dari uji coba terbatas kepada 5 siswa dengan presentase nilai sebesar 94,37% dan uji coba lapangan kepada 20 siswa dengan presentase nilai sebesar 85,51% maka diperoleh hasil uji coba ketertarikan siswa rata-rata nilai sebesar 89,94% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Efektifitas hasil belajar menggunakan media leaflet diperoleh dari hasil pretest sebesar 31% dan posttest sebesar 82%. Dengan peningkatan hasil belajar pretest posttest analisis menggunakan N-gain diperoleh nilai sebesar 0,72 dengan klasifikasi “tinggi” dengan tafsiran nilai presentase sebesar 72,40% tergolong dalam kategori “Cukup Efektif” dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI setelah menggunakan media leaflet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Izza Afkarinatus Sholehah
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:59
Last Modified: 08 Jul 2024 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34491

Actions (login required)

View Item View Item