Emiliya, Ramadani (2024) Hubungan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMK inklusi TPA jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-013-PI-2024)
Emiliya Ramadani_201103050008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
kecemasan berbicara di depan umum merupakan suatu proses psikologis
dan fisiologis yang terjadi ketika seorang mengalami tekanan emosional dan
konflik internal ketika mengkomunikasikan informasi secara lisan, salah satunya
yang terjadi pada siswa SMK Inklusi TPA Jember dari kelas X hingga kelas XII
siswa cenderung mengalami kecemasan berbicara di depan umum.
Rumusan masalah penelitian ini Apakah ada hubungan antara self-efficacy
dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa inklusi TPA Jember?.
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan
kecemasan berbicara di depan umum pada siswa inklusi TPA Jember. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional.
Hasil dari penelitian ini antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di
depan umum yaitu 0,003. Jika nilai yang didapatkan adalah 0,003 < 0,05 itu
artinya nilai tersebut signifikasi bahwa nilai yang didapatkan adalah < 0,005
sehinga antara self efficacy dalam kecemasan berbicara didepan umum terdapat
ada hubungan.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hubungan self efficacy dengan
kecemasan berbicara di depan umum memiliki hubungan yang “sedang” dengan
nilai sebesar 0,528 Berdasarkan katagorisasi kedua variabel tersebut diketahui
bahwa siswa dengan self-efficacy rendah cenderung mengalami kecemasan
berbicara di depan umum, siswa dengan self-efficacy sedang akan menunjukkan
tingkat kecemasan berbicara di depan umum yang sedang. Dengan demikian,
hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | emiliya ramadani 11 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34498 |
Actions (login required)
View Item |