PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP KELAS VII MTs BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO

Muis, Abdul (2024) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP KELAS VII MTs BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T201910054 Abdul Muis.pdf

Download (9MB)

Abstract

Abdul Muis,2024: Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup Kelas VII MTs Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso.

Kata Kunci: Modul, Klasifikasi Mahluk Hidup, Keterampilan Proses Sains

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso, Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran IPA khususnya materi klasifikasi mahluk hidup dikarenakan harus mengelompokkan dan mengahafal nama latin dari mahluk hidup. Hasil angket analisis masalah juga menujukkan bahwa 83,3% siswa masih mencari bahan ajar lainnya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar yang dimiliki siswa yaitu hanya buku paket/lks dari sekolah saja.

Tujuan penelitian ini di anataranya (1) Untuk mendeskripsikan validitas modul berbasis keterampilan proses sains pada materi klasifikasi mahluk hidup kelas VII MTs Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso, (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan modul berbasis keterampilan proses sains pada materi klasifikasi mahluk hidup kelas VII MTs Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso.

Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang terbatas pada tahap disseminate dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, ahli penyusunan bahan ajar, ahli pengguna modul. Subjek uji respon skala kecil dilakukan terhadap 8 siswa kelas VII A dan skala besar dilakukan terhadap 38 siswa kelas VII A dan VII B MTs Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian di antaranya (1) Hasil dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 87,7%, hasil validasi ahli penyusunan bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 94,5%, dan hasil validasi pengguna modul diperoleh rata-rata sebesar 86% kriteria sangat valid, dengan demikian modul IPA berbasis keterampilan proses sains dapat diuji cobakan kepada siswa, (2) Hasil uji coba produk skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 94,67% dengan kriteria sangat baik. Di samping itu, hasil dari uji coba produk skala besar diperoleh rata-rata sebesar 96,3% dengan kriteria sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Abdul Muis
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:20
Last Modified: 27 Jun 2024 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34506

Actions (login required)

View Item View Item