IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AS-SHOFA JUBUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hidayah, Wilda (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AS-SHOFA JUBUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-010-PIAUD-2024)
REVISI 1 SIDANG 13-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Pembelajaran sentra merupakan pembelajaran yang difokuskan kepada anak dan
guru sebagai pengawas dan fasilitator. Agar kegiatan pembelajaran lebih bermakna, maka
lembaga harus kreatif dalam mengemas pembelajaran dengan prinsip pembelajaran
berpusat pada anak. Dengan model seperti ini, anak dituntut aktif untuk mengeksplore
sekitar dengan media yang telah disediakan. Di Raudhatul Athfal As-Shofa sentra seni
menjadi ladang untuk mengembangkan kreativitas anak. model pembelajaran sentra
dilaksanakan dengan memberikan pijakan sebelum bermain, pijakan selama bermain, dan
pijakan setelah main, guna untuk membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman.
Fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran sentra pada
anak kelompok A di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung tahun pelajaran 2023/2024? 2.
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sentra pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal
As-Shofa Jubung tahun pelajaran 2023/2024? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran sentra
pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaa pembelajaran
sentra pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung tahun pelajaran
2023/2024. 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra pada anak
kelompok A di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung tahun pelajaran 2023/2024. 3. Untuk
mendeskripsikan evaluasi pembelajaran sentra pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal
As-shofa Jubung tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian di
Raudhatul Athfal As-Shofa , subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas sentra seni,
waka kurikulum dan wali murid, teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai
dengan teori Miles, and Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan
dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Penelitian ini menghasilkan a) Perencanaan pembelajaran sentra ini dimulai
dengan penyusunan modul ajar yang mana seluruh isi dari pada tujuan pembelajaran sudah
sesuai dengan standar yang berlaku. b) Dalam pelaksanaan pembelajaran sentra, guru
mempraktikkan model pembelajaran yang aktif dan anak dibebaskan untuk mengekplore
sekitar dengan media yang tersedia penentuan tema disesuaikan dengan minat dan
kebutuhan anak, juga tak lupa sesuai dengan usia kelompok yang terbagi. . c) evaluasi
dalam pembelajaran sentra di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Jember ini dengan
mengamati dan mendokumentasikan kegiatan dari awal hingga kegiatan penutup.
Tahapannya dengan menggunakan teknik catatan anekdot, chekclis, dan foto berseri. hal
ini membantu guru lebih mudah dalam melihat perkembangan anak terlebih dalam
perkembangan kreativitas seni, bakat dan minat anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Wilda Hidayah
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:51
Last Modified: 09 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34509

Actions (login required)

View Item View Item