Analisis gaya belajar siswa kelas XI teknik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Nurjana, Wangi Ratu (2024) Analisis gaya belajar siswa kelas XI teknik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-029-PAI-2024)
Wangi Ratu Nurjana_202101010062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Kata kunci: analisis gaya belajar, siswa kelas xi teknik
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis karena SMA
Negeri 1 Jember merupakan salah satu sekolah di Jember yang sudah menerapkan
kurikulum merdeka sejak 2023. Di mana sistem yang digunakan dalam
pelaksanaan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Jember yaitu sistem
pengelompokkan mata pelajaran, siswa dimasukkan ke dalam kelas jurusan sesuai
mata pelajaran yang diminati. Kelas jurusan tersebut di antaranya yaitu kelas
teknik, humaniora, kesehatan, ipa, dan ips. Kelas jurusan teknik merupakan kelas
jurusan terbaru di SMA Negeri 1 Jember, biasanya siswa kelas teknik
menggunakan ilmu terapan sedangkan pendidikan agama Islam dan budi pekerti
banyak menggunakan ilmu murni. Oleh karena itu, penulis akan mengkaji gaya
belajar siswa kelas XI teknik 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan
budi pekerti di SMA Negeri 1 Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
analisis gaya belajar siswa kelas XI Teknik 1 pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Jember?, 2) Apa faktor yang
mempengaruhi gaya belajar siswa kelas XI teknik 1 pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Jember?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan analisis gaya belajar siswa kelas
XI teknik 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA
Negeri 1 Jember, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi gaya belajar
siswa kelas XI teknik 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi
pekerti di SMA Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi
terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model
interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian : 1) Ada beberapa gaya belajar yang dimiliki siswa kelas
XI teknik 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA
Negeri 1 Jember, di antaranya yaitu gaya belajar visual, auditori, visual-auditori,
visual-kinetetik, dan auditori-kinestetik. Siswa kelas XI teknik 1 sebagian besar
menggunakan gaya belajar campuran visual-auditori. 2) Terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas XI teknik 1, yaitu faktor fisik, ada
beberapa siswa kelas XI teknik 1 yang mempunyai gangguan penglihatan dan pendengaran. Perasaan/emosional, yang mana siswa kelas XI teknik 1 merasa senang ketika proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berlangsung. Sosial, siswa kelas XI teknik 1 netral dalam bersosial. Lingkungan, di kelas XI teknik 1 sarana dan prasarana kurang memadai. Orang tua dan gaya
mengajar guru juga termasuk faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Wangi Ratu Nurjana
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:37
Last Modified: 01 Jul 2024 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34512

Actions (login required)

View Item View Item