Penerapan Metode Drill pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Karimah, Jumroatul (2024) Penerapan Metode Drill pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 028 - PAI - 2024)
JUMROATUL KARIMAH_204101010051 (WM) nw.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Jumroatul Karimah, 2024: Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata kunci: Metode, Drill, Al-Qur’an Hadis
Metode drill merupakan suatu kegiatan latihan yang dilakukan secara berulang- ulang untuk mendapatkan keterampilan dan ketangkasan praktis mengenai pengetahuan yang telah dipelajari. Penerapan metode ini dilakukan pada lembaga sekolah swasta dengan kebanyakan guru di sana masih menggunakan metode pembelajaran yang tradisional. Berbeda dengan guru Al-Qur’an Hadis yang menggunakan metode drill dengan inovasi baru berupa gamified drills yaitu permainan dengan konsep drill, untuk itu peneliti mengangkat judul ini untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Fokus penelitian ini meliputi: 1. Perencanaan penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024, 2. Pelaksanaan penerapan metode drill pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024, 3. Evaluasi penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Hidayatul Mubtadiin Songgon Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024. Dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dari setiap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi structure dan dokumen. Teknik penentuan subjek data menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian: Kepala Madrasah, WKM Kurikulum, Guru Al-Qur’an Hadis, Peserta didik kelas VII A dan VII B. Analisis data menggunakan analisis model miles dan huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan dalam penerapan metode drill ini guru menyiapkan Silabus dan RPP terlebih dahulu dengan merencanakan langkah metode yang akan digunakan, kemudian RPP diberikan kepada WKM Kurikulum dan disahkan oleh kepala Madrasah. 2. Pelaksanaan metode drill ini guru membaginya menjadi 3, yaitu: tahap awal (pembuka), tahap tengah (kegiatan inti), dan tahap akhir (penutup). 3. Evaluasi dalam penerapan metode drill ini guru menggunakan 2 jenis evaluasi yaitu tes tulis dan tes lisan yang bertujuan untuk menguatkan materi yang diperoleh oleh peserta didik ketika kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jumroatul Karimah
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:33
Last Modified: 02 Jul 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item