Keistimewaan Perempuan dalam Keluarga Imran dalam Al-Qur'an: Q.S. Ali Imran ayat 35-37 (Kajian Tafsir al-Misbah)

Lia, Septia Dewi (2024) Keistimewaan Perempuan dalam Keluarga Imran dalam Al-Qur'an: Q.S. Ali Imran ayat 35-37 (Kajian Tafsir al-Misbah). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-053-IAT-2024)
fiks banget skripsi Lia septia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Perempuan, Keistimewaan, Hannah, Maryam

al-Qur’an merupakan kitab yang menjadi simbol akan keadilan-Nya. Tidak ada kriteria fisik untuk menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Seluruh umat manusia sama di mata Allah SWT dan ketakwaan sajalah yang menjadikan pembeda (al-Hujurat 49:13). Sehingga keistimewaan sebagai seorang hamba berhak dimiliki oleh gender apapun, lebih-lebih seorang perempuan. Banyak keistimewaan yang dimiliki seorang perempuan. Dalam al-Qur’an sendiri memiliki banyak kisah perempuan yang menjadi bukti akan keistimewaan seorang perempuan. Kisah ini dapat pula dijadikan cerminan dalam kehidupan seorang perempuan agar menjadi pribadi muslimah yang baik. Contoh kisah tersebut ialah kisah Hannah dan Maryam, dua tokoh perempuan dari keluga Imran yang dapat diambil hikmah untuk masa sekarang dari sikap dan karakter ketaladan beliau-beliau.
Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini ialah: 1). Bagaimana keistimewaan perempuan keluarga Imran yang tertulis dalam Q.S Ali Imran (3):35-37? 2). Bagaimana pengajaran atau nilai-nilai yang dapat diambil dari kisah keluarga Imran yang dapat diaplikasikan pada masyarakat? Dari fokus penelitian diatas penelitian ini memiliki dua tujuan yakni: 1). Untuk menjelaskan keistimewaan perempuan keluarga Imran yang tertulis dalam Q.S Ali Imran (3):35-37. 2). Untuk menjelaskan pengajaran atau nilai-nilai yang dapat di ambil dari kisah keluarga Imran dan dapat diaplikasikan pada masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian library Research (kajian Pustaka) pada kitab Tafsir al-Misbah dan buku atau jurnal yang relevan dengan tema penelitian. Adapun teknik dalam mengumpulkan data yakni metode dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, 1). Keistimewaan perempuan dalam Q.S Ali Imran (3) 35-37 ialah Hannah dan Maryam, mereka merupakan dua tokoh perempuan yang sangat istimewa dan sangat taat serta dekat kepada Allah SWT. 2). Nilai-nilai yang dapat di ambil dari kisah Hannah dan Maryam yaitu: a. ketaatan dan keikhlasan, b.ketabahan dalam menghadapi cobaan, c. kepedulian terhadap kebutuhan spiritual, d. kesabaran dan ketaatan dalam mendidik anak, e. kesetiaan dan kebaangkitan spiritual, f. kemurahan hati dan kebajikan, g. kemandirian dan kekuatan perempuan, h. kesederhanan dan kerendahan hati, i. kebijaksanaan dan keteguhan, j. ketekunan dalam berdoa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: mis Lia Septia Dewi
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:12
Last Modified: 27 Aug 2024 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34536

Actions (login required)

View Item View Item