Metode Kritik Hadis Muhammad Nasiruddin al-Albani Analisis atas Hadith Da'if Jiddan dalam Kitab Silsilah al-Ahadith al-Sahihah

Yaqin, Muhammad Ainul (2024) Metode Kritik Hadis Muhammad Nasiruddin al-Albani Analisis atas Hadith Da'if Jiddan dalam Kitab Silsilah al-Ahadith al-Sahihah. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (TS-014-SI-2024)
MUHAMMAD AINUL YAQIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yaqin, Muhammad Ainul, 2024. Metode Kritik Hadis Muhammad Nas}riuddin Al-Albani: Analisis atas Hadi>th D}a’i>f Jiddan dalam Kitab Silsilah al-Ahadi>ts as-S}ah}i>h}ah}. Tesis. Program Studi Studi Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Aminullah Elhady, M. Ag. Pembimbing II: Dr. Uun Yusufa, M.A.
Kata Kunci: Kritik Hadis, Al-Albani, H}adi>th D}a’if Jiddan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya tokoh kontroversial dalam bidang ilmu hadis kontemporer yang bernama Muhammad Nasiruddin al-Albani. Ia mencoba merekonstruksi ulang klasifikasi dan penilaian ulama’ hadis terdahulu yang telah disepakati kualitas dan kredibilitasnya seperti Imam Bukhori, Imam Muslim dan yang lainnya. Karya tulis al-Albani yang mencapai 200 karya menjadi bukti untuk memvalidasi rekonstruksinya itu. Tentu hal ini tak lepas dari kritik dan tanggapan dari muhaddithi>n kontemporer, mereka mempertanyakan metode kritik hadis yang al-Albani gunakan untuk ijtihadnya. Namun, tidak ada satupun karya yang al-Albani tinggalkan yang khusus membahas tentang metodenya sehingga diperlukan adanya penelitian yang berfokus pada karya-karyanya untuk menemukan metodologi kritik hadis al-Albani. Adapun karya untuk melihat bagaimana hasil penelitian al-Albani dalam mensahihkan hadis dapat dilihat pada Silsilah al-Ah}a>di>th as-S}ah}i>h}ah}.
Dengan diangkatnya judul ini, fokus penelitian dan tujuan tercapainya meliputi dua hal. Pertama, pengetahuan terkait metode kritik hadis al-Albani. Kedua, Analisa hasil kritik h}adi>th d}a’if jiddan yang dikuatkan oleh al-Albani sehingga hadis tersebut bisa diterima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk tercapainya tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif-komparatif untuk mengetahui secara mendalam metode kritik hadis al-Albani dan metode kritik hadis digunakan untuk menganalisis penguatan hadis daif yang dilakukan oleh al-Albani.
Hasil penelitian dalam judul ini, menunjukkan bahwa dalam metode kritik hadis al-Albani pada sebagian besarnya mengikuti metode kritik h}adi>th muhaddithin klasik dan sebagian lagi al-Albani memiliki metode tersendiri sehingga sebagian hasil penelitian hadisnya cenderung berbeda dengan ulama’ pendahulunya. Dalam penguatan h}adi>th d}a’if jiddan, al-Albani terkadang tidak menggunakan beberapa syarat dan kaidah yang telah ia buat sendiri sehingga masih ditemukannya penguatan h}adi>th d}a’if jiddan yang tidak memenuhi syarat dalam kitabnya Silsilah al-Ah}a>di>th as-Sahihah-nya sebanyak 11 hadis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Studi Islam
Depositing User: Man Muhammad Ainul Yaqin
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:03
Last Modified: 11 Sep 2024 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item View Item