Analisis kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata ditinjau dari self efficacy kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember

Jannah, Devi Nadhifatul (2024) Analisis kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata ditinjau dari self efficacy kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-030-TADRIS MTK-2024)
Devi Nadhifatul Jannah_202101070007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang wajib dipelajari peserta didik di sekolah akan tetapi, banyak dari mereka yang tidak paham materi matematika di kelas. Hal ini bisa dilihat dari penyelesaian matematika peserta didik namun, terlepas benar salahnya jawaban peserta didik ada yang yakin terkait penyelesaian soalnya, ada yang tidak yakin dengan penyelesaian soalnya. Dengan demikian menunjukkan bahwa self efficacy peserta didik berbeda-beda sehingga, peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan penyelesaian peserta didik ditinjau dari self efficacy-nya.
Adapun rumusan masalah diantaranya : 1) Bagaimana kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata pada peserta didik kelas VIII dengan self efficacy tinggi? 2) Bagaimana kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata pada peserta didik kelas VIII dengan self efficacy sedang? 3) Bagaimana kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata pada peserta didik kelas VIII dengan self efficacy rendah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penyelesaian soal matematika materi statistika berbasis adiwiyata pada peserta didik kelas VIII dengan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Terdapat 6 subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa : 1) Peserta didik dengan self efficacy tinggi S1 dan S21, menunjukkan bahwa mereka hanya menuntaskan dua indikator kemampuan penyelesaian soal Polya dalam menyelesaikan soal matematika berbasis Adiwiyata. 2) Peserta didik dengan self efficacy sedang S27 dan S1. S27 menunjukkan bahwa hanya menuntaskan dua indikator kemampuan penyelesaian soal Polya dalam mengerjakan soal matematika berbasis Adiwiyata.. Sedangkan, S1 memenuhi empat indikator penyelesaian soal masalah Polya dalam mengerjakan soal matematika berbasis Adiwiyata. 3) Peserta didik dengan self efficacy rendah S24 dan S26. S24 menunjukkan bahwa menuntaskan dua indikator kemampuan penyelesaian soal Polya dalam mengerjakan soal matematika berbasis Adiwiyata. Sedangkan, S26 hanya memenuhi satu indikator kemampuan penyelesaian soal Polya pada saat mengerjakan soal matematika berbasis Adiwiyata.

Kata Kunci : Kemampuan Penyelesaian Soal, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Devi Nadhifatul
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:53
Last Modified: 09 Jul 2024 05:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34559

Actions (login required)

View Item View Item