Pengembangan Scrapbook Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Berbasis Potensi Lokal di Wisata Puncak Rembangan Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas X di MAS Darussalam Jember

Kharisma, Arindhafa Inggar (2024) Pengembangan Scrapbook Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Berbasis Potensi Lokal di Wisata Puncak Rembangan Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas X di MAS Darussalam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-011-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI ARINDHAFA INGGAR KHARISMA WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Arindhafa Inggar Kharisma, 2024 : Pengembangan Scrapbook Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Berbasis Potensi Lokal di Wisata Puncak Rembangan Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas X di MAS Darussalam Jember

Kata Kunci : Scrapbook Spermatophyta, Potensi Lokal, Plantae
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat cepat saat ini, mengharuskan sekolah menyiapkan dan mengembangkan sumber belajar. Biologi merupakan bidang studi yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Sehingga, komponen materi didalamnya dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar. Namun kendala yang ditemui saat pembelajaran biologi berlangsung yaitu minimnya sumber belajar yang bervariatif dan tidak berwarna yang menyebabkan siswa kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa membutuhkan sumber belajar bervariatif yang dikemas dalam Scrapbook.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan jenis tumbuhan di Wisata Puncak Rembangan, 2). Mendeskripsikan kevalidan, 3). Mendeskripsikan respon siswa dan 4).Mendeskripsikan keefektifan Scrapbook Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Berbasis Potensi Lokal di Wisata Puncak Rembangan Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analysis;(2) Design;(3) Development;(4) Implementasi;(5) Evaluasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Darussalam Jember.Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif yaitu dari uji validitas, uji respon siswa dan keefektifan produk. Uji validitas melalui angket dari validasi ahli materi, ahli media dan guru biologi. Uji respon siswa melalui angket respon siswa perorangan, skala kecil dan skala besar. Sedangkan uji keefektifan dari hasil prestest dan posttest yang di uji melalui uji T-test dengan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Identifikasi tanaman di wisata puncak rembangan ditemukan 36 (spesies) tumbuhan yang terdiri dari 3 jenis dari kelompok tumbuhan gymnospermae dan 33 jenis dari kelompok tumbuhan angiospermae. (2) Scrapbook spermatophyta berbasis potensi lokal di Wisata Puncak Rembangan dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 89,52%, kevalidan media oleh ahli media sebesar 83,52%, dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 87,36%.(3) Hasil uji respon siswa terhadap Scrapbook spermatophyta berbasis potensi lokal di Wisata Puncak Rembangan didapatkan nilai persentase sebesar 97,00% untuk uji perorangan, 94,00% untuk uji skala kecil dan untuk uji skala besar sebesar 96,14% masuk pada kategori “sangat menarik”. (4) Hasil uji nilai pretest dan posttest menggunakan uji t di peroleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Scrapbook Spermatophyta Berbasis Potensi Lokal di Wisata Puncak Rembangan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Arindhafa Inggar Kharisma
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:35
Last Modified: 01 Jul 2024 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34580

Actions (login required)

View Item View Item