Eksplorasi Motivasi Siswa Dalam Proses Pemberian Direct Feedback Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Harisma, Nur Khofifah (2024) Eksplorasi Motivasi Siswa Dalam Proses Pemberian Direct Feedback Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-072-PAI-2024)
SKRIPSI. Harisma Nur Khofifah 202101010083....pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Motivasi siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam masih sangat minim sekali, sehingga menyebabkan siswa kurang semangat dan mudah bosan di dalam kelas. Hal ini membuat guru sejarah kebudayaan Islam menerapkan suatu inovasi pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi siswa. Tujuan inovasi pembelajaran yang diterapkan untuk mengetahui motivasi siswa yaitu pemberian Direct Feedback dari guru yang menjadikan siswa termotivasi secara intrinsik dalam belajar sejarah kebudayaan Islam.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi siswa terhadap pemberian Direct Feedback dari guru pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA ASHRI Jember? 2) Bagaimana bentuk motivasi siswa dalam pemberian Direct Feedback pada pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam MA ASHRI Jember ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiaan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MA ASHRI Jember. Subyek penelitian: Peserta didik kelas XI B, Guru sejarah kebudayan Islam. Teknik pengumpulan data:1)Observasi 2)Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau Verifikasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu, 1)Motivasi siswa terhadap pemberian Direct Feedback yaitu a. siswa merasa bahagia setelah diberikan Direct Feedback oleh guru, sehingga peserta didik tersenyum dengan lebar. b. Setelah menerima Direct feedback dari guru mereka langsung menunjukkan reaksi bergairahnya dengan menegakkan badanya karena terlihat bersemangat c. Ketika guru sedang menyampaikan Direct feedback respon yang diberikan peserta didik yaitu dengan mengangguk-anggukkan kepalanya sebagai tanda bahwa dirinya setuju dengan gagasan yang disampaikan oleh guru 2). Bentuk-bentuk motivasi siswa dalam pemberian Direct Feedback yaitu: a. Munculnya rasa percaya diri pada peserta didik, karena diberikan Direct Feedback oleh guru, b. pemberian Direct Feedback dapat mengurangi kecemasan peserta didik terhadap tugas yang sudah dikerjakan, c. Rasa minat peserta didik pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam semakin meningkat karena adanya Direct Feedback dari guru. d. Dengan Direct Feedback dari guru muncul lah harapan-harapan peserta didik, e. Adanya Direct Feedback dari guru membuat peserta didik menjadi tekun belajar. f. Kedisiplinan peserta didik juga muncul karena pemberian Direct Feedback dari guru. g. Pentingnya Direct Feedback dari guru terkait kebersihan lingkungan kelas, membuat peserta didik termotivasi untuk selalu menjaga kebersihan kelas, h. Rasa antusiasme peserta didik pada pembelajaran Sejarah kebudayan Islam muncul karena adanya Direct Feedback dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harisma Nur Khofifah
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:01
Last Modified: 08 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item View Item