Pengembangan buku saku berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi manusia di kelas viii SMP Maqnaul Ulum Sukowono

Tisiyah, Siti Anisatut (2024) Pengembangan buku saku berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi manusia di kelas viii SMP Maqnaul Ulum Sukowono. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad siddiq Jember.

[img] Text (SK-030-IPA-2024)
Siti Anisatut Tisiyah_T201710083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (79MB)

Abstract

Buku Saku; Literasi Sains; Sistem Ekskresi Manuisa
Buku saku adalah buku yang menekankan pada ukurannya yang kecil yang berisi tulisan atau gambar. Meskipun berukuran kecil, buku saku dapat digunakan sebagai sumber belajar karena berisi informasi yang lengkap dan memiliki tampilan yang menarik serta karena ukurannya yang minimalis untuk bisa disimpan di saku sehingga mudah dibawa kemapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia. Pada analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMP Maqnaul Ulum Sukowono pada kelas VIII diketahui bahwa pada kelas tersebut minat terhadap Pelajaran IPA dan minat baca lumayan tinggi namun sumber belajar atau media yang digunakan tidak mencukupi semua siswa di dalam kelas. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya pengembangan media buku saku yang berbasis literasi sains untuk membantu memenuhi kebutuhan media pada materi IPA khususnya materi system ekskresi manusia.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana validitas media buku saku berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi manusia untuk kelas VIII SMP Maqnaul Ulum Sukowono? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas media buku saku berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi manusia untuk kelas VIII SMP Maqnaul Ulum Sukowono.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Hannafin and Peck yang memiliki 3 tahapan yaitu fase analisis kebutuhan (needs assess), fase desain (design), dan fase pengembangan atau implementasi (develop/implement). Instrument yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Anaslisis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa. Data kuantitatif merupakan data berupa skor (presentase), sedangkan data kualitatif merupakan data berupa komentar atau saran dari ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran buku saku berbasis literasi sains berdasarkan ahli materi memberikan skor rata-rata 93,75%, ahli media memeberikan skor dengan rata-rata 79%, ahli Bahasa memberikan skor rata-rata 93%. Setelah semua nilia dari para ahli di rata-rata maka mendapat nilai 88,58% dengan kriteria sangat valid. Sehingga buku saku berbasis literasi sains ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Siti Anisatut Tisiyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:42
Last Modified: 09 Jul 2024 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34586

Actions (login required)

View Item View Item