Pengembangan E-modul berbasis Flipbook Maker pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami hadis tentang keutamaan infak bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi

Himmah, Elok Fa'iqotul (2024) Pengembangan E-modul berbasis Flipbook Maker pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami hadis tentang keutamaan infak bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 048 - PAI - 2024)
SKRIPSI ELOK FA'IQOTUL HIMMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Elok Fa’iqotul Himmah, 2024: Pengemangan E-modul Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Memahami Hadis Tentang Keutamaan Infak Bagi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi

Kata Kunci: E-modul, Flipbook Maker, Hadis Tentang Keutamaan Infak
Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker dilatarbelakangi oleh belum bervariasinya bahan ajar yang digunakan di MTs Rogojampi dan peserta didik cenderung kesulitan memahami materi pembelajaran, terutama materi Memahami Hadis Tentang Keutamaan Infak. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah bahan ajar yang menarik berupa e-modul agar peserta didik merasa senang dan memahami materi pada saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan kevalidan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami hadis tentang keutamaan infak bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi 2) untuk mendeskripsikan kepraktisan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami hadis tentang keutamaan infak bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi 3) untuk mendeskripsikan keefektifan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami hadis tentang keutamaan infak bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Rogojampi Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan soal pre-test post-test. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Rogojampi Banyuwangi. Instrument penelitian ini berupa angket validasi untuk mengetahui kevalidan dari validator ahli materi, validator ahli bahasa, dan validator ahli media. Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan e-modul. Sedangkan untuk mengetahui data keefektifan melalui pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata dan presentase serta menggolongkan hasil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kevalidan e-modul berbasis flipbook maker yang didapat dari ketiga validator ahli, yaitu ahli materi mendapat skor sebesar 87,5%, ahli bahasa mendapat skor 96,8%, dan ahli media mendapat skor 98,2%. Maka raa-rata presentase dari ketiga validator ahli yaitu sebesar 94% dengan kriteria “sangat valid”. 2) kepraktisan e-modul berbasis flipbook maker ini di dapat dari ketiga angket respon, yaitu kelompok kecil mendapat skor 81,33%, kelompok besar mendapat skor 76%, dan guru mendapat skor 94,44%. Maka rata-rata presentase keseluruhan yaitu sebesar 84% dengan kriteria “cukup praktis”. 3) untuk keefektifan dilihat dari nilai pre-test dan post-test mendapatkan nilai 75,5% dengan kriteria “cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Elok faiq
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:11
Last Modified: 02 Jul 2024 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34589

Actions (login required)

View Item View Item