Analisis Model Pengendalian Risiko Bisnis Oleh UMKM Di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Arbaiyah, Dewi S (2024) Analisis Model Pengendalian Risiko Bisnis Oleh UMKM Di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI SILSILATUL ARBAIYAH_204105020032.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Silsilatul Arbaiyah, Retna Anggita Ningsih, 2024: Analisis Pengendalian Risiko Bismis Oleh UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Kata Kunci: Pengendalian Risiko Bisnis, UMKM. Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.
Awal dari membangun sebuah usaha pastinya akan ada yang namanya risiko, entah itu di awal perjalanan maupun di pertengahan jalan, hal ini merupakan masalah penting yang harus terselesaikan bagi para pelaku bisnis atau usaha. Maka dari itu perlu kita ketahui lebih mendalam mengenai faktor-faktor apa saja menimbulkan risiko terhadap suatu bisnis atau usaha, supaya kita dapat mengantisipasinya lebih awal apabila risiko bisnis itu terjadi nantinya. Disini peneliti ingin menganalisis suatu pengendalian risiko bisnis terhadap UMKM di lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo dan apa saja model pengen dalian risiko tersebut.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana risiko bisnis UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo? (2) Bagaimana model pengendalian risiko bisnis oleh UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo? (3) Bagaimana implikasi model pengendalian risiko bisnis pada keberlangsungan UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengidentifikasi risiko bisnis UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. (2) Untuk menganalisis model pengendalian risiko bisnis oleh UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. (3) Untuk mengeksplorasi implikasi model pengendalian risiko bisnis pada keberlangsungan UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik snowball, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik snowbal, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya : 1) Risiko bisnis UMKM di Lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yaitu risiko spekulatif dan risiko persaingan pasar. 2) Model pengendalian risiko bisnis yang dilakukan adalah Pemisahan risiko, Retensi risiko (Retention Risk) dan Transfer Risiko (Transfer Risk). 3) Implikasi Pengendalian risiko pada UMKM di lingkungan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo terletak di Manajemen risiko yang memiliki tahapan sebagai berikut yaitu: identifikasi Risiko, Evaluasi risiko dan memilik teknik manajemen risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Silsillatul Arbaiyah Dewi
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:20
Last Modified: 28 Jun 2024 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34604

Actions (login required)

View Item View Item