Penerapan akad Murabahah pada pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember

Hikam, Muhammad Fahmil (2024) Penerapan akad Murabahah pada pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Fahmil Hikam 204105010048.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Fahmil Hikam, Ana Pratiwi, SE., Ak., MSA.: Penerapan Akad Murabahah Pada pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember
Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan lembaga keuangan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan mempunyai tujuan mensejahterakan masyaraka luas. Seperti halnya bank-bank lain, Bank Syariah Indonesia juga memiliki berbagai macam produk dan layanan pembiayaan, salah satunya adalah Pembiayaan Pensiun yang merupakan salah satu produk pembiayaan yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia untuk Masyarakat yang pensiunan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Mekanisme Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember, 2. Bagaimana Penerapan Akad Murabahah Pada Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember?. Adapun Tujuan penelitian ini antara lain: 1. Mengetahui Mekanisme Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember. 2. Mengetahui Penerapan Akad Murabahah Pada Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research dengan menngunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Mekanisme pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember ini dapat dilakukan dengan cara nasabah mengajukan permohonan pembiayaan, verifikasi dokumen, menganalisis pembiayaan menggunakan prinsip 5C (character, capacity, capital, colleteral, condition), Keputusan pembiayaan, akad pembiayaan, pencairan pembiayaan. 2. Penerapan akad murabahah pada pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember sudah memenuhi rukun dan syarat murabahah sesuai dengan Fatwa DSN No:04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah dan beberapa ketentuan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.
Kata Kunci: Mekanisme Pembiayaan Pensiun, Akad Murabahah, Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1004 Medical Biotechnology > 100401 Gene and Molecular Therapy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Fahmil Hikam
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:28
Last Modified: 28 Jun 2024 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item