Fikria, Firda (2024) Manajemen Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-064-MPI-2024)
FIRDA FIKRIA_204101030018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Firda Fikria, 2024: “Manajemen Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo”.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Merdeka Belajar.
Implementasi merupakan suatu tindakan atau aksi yang mengarah pada
adanya bukan hanya satu kegiatan yang direncanakan dan suatu kegiatan yang
dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Kurikulum merupakan seperangkat
atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang
dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum merdeka
merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam
diamana akan memudahkan para peserta didik untuk mendalami konsep dan
siswa bebas mengeksplor seluruh informasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan tentang
perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar melalui kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Probolinggo. (2) mendeskripsikan tentang pelaksanaan implementasi
kurikulum merdeka belajar melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan
ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo. (3)
mendeskripsikan tentang evaluasi implementasi kurikulum merdeka belajar
melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode dan
jenis penelitian kualitatif deskriptif dan jenis studi kasus. Penelitian ini
dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang dilakukan adalah kondensasi data, penyajian data dan
verifikasi data pada bagian akhir. Dan menggunakan pengecekan keabsahan
data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan implementasi
kurikulum merdeka belajar melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan
ekstrakurikuler yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Probolinggo dengan menyusun program tahunan dan program semester,
menyusun jadwal pelajaran, pemilihan tempat wisata, pembuatan LKS,
pembuatan jadwal ekstrakurikuler, penentuan target capaian ekstrakurikuler,
pembuatan program kerja dan pembuatan angket kegiatan ekstrakurikuler. (2)
Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka melalui kegiatan intrakurikuler,
kokurikuler dan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo
melalui penilaian diagnostik, media, metode, materi pembelajaran serta
asesmen formatif dan sumatif, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sesuai
implementasi kurikulum merdeka belajar. (3) Evaluasi implementasi kurikulum
yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo adalah
evaluasi rapat tahunan, evaluasi mingguan dan evaluasi per tiga bulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Firda Fikria |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 02:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34647 |
Actions (login required)
View Item |