Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo

Atho'illah, Muhammad Helmi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-073-PAI-2024)
Muhammad Helmi Atho'illah_T20171251.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Helmi Atho’illah, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jatimulyo.

Kata kunci: Model pembelajaran, Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, Fikih.

Kesuksesan peserta didik sangatlah ditentukan oleh guru yang dapat membimbingnya dalam belajar. Setiap peserta didik memiliki keunggulanya masing-masing dalam mengoptimalkan panca indra saat proses pembelajaran. Maka seorang pendidik perlu mengembangkan proses pembelajaran dengan melalui strategi-straegi pembelajaran yang mampu membawa peserta didik senang dalam belajar serta mencapai pemahaman yang maksimal.
Fokus dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh terhadap hasil belajar fikih antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI terhadap strategi Konvensional di MTs. Wahid Hasyim Jatimulyo?. Serta tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk menetahui pengaruh dari hasil belajar Fikih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran model SAVI terhadap strategi konvensional di MTs. Wahid Hasyim Jatimulyo.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen, peneliti menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namun tidak secara acak memasukkan (nonrandom assignment) para partisipan kedalam dua kelompok tersebut (misalnya, mereka bisa saja berada dalam satu kelompok utuh yang tidak dapat dibagi-bagi), desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control design.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata kelas eksperimen 73 dan nilai rata-rata kelas kontrol 57.7. Sedangkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan jika thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 4.332 dan ditemukan ttabel sebesar 2.16. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Helmi Atho'illah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:30
Last Modified: 01 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item