Peran Pengasuh Dalam Membentuk Sikap Disiplin Pada Anak Asuh Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Kelurahan Kebonsari Kabupaten Jember

Alfina, Zahrotul aini (2024) Peran Pengasuh Dalam Membentuk Sikap Disiplin Pada Anak Asuh Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Kelurahan Kebonsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfina Zahrotul Aini (20110303008).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kunci: Peran Pengasuh, Sikap Disiplin
Peran pengasuh dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan optimal secara fisik, mental, dan sosial pada anak asuh yang kehilangan peran orang tua sangat penting. Sebagai pengganti orang tua, pengasuh bertanggung jawab tidak hanya memberikan kasih sayang dan bimbingan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang aman dan terstruktur. Proses pembentukan kedisiplinan melibatkan pengajaran nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban, yang penting untuk menjaga tata tertib dan pelaksanaan tugas sehari-hari. Anak asuh, yang meliputi anak terlantar, yatim piatu, dan kaum dhuafa, menemukan perlindungan dan pendidikan yang mereka butuhkan karena keterbatasan keluarga biologis mereka dalam memberikan perhatian yang memadai. Pengasuh dalam membentuk sikap disiplin menjadi kunci dalam memastikan bahwa anak-anak asuh dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di tengah tantangan kehidupan mereka.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran pengasuh terhadap sikap disiplin pada anak asuh di LKSA Mambaul Ulum Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pembentukan sikap disiplin pada anak asuh di LKSA Mambaul Ulum Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran pengasuh terhadap sikap disiplin pada anak asuh di LKSA Mambaul Ulum Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan sikap disiplin pada anak asuh di LKSA Mambaul Ulum Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif dengan metode jenis kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini ialah 1) Data primer yaitu pengasuh. 2) Data sekunder anak asuh yang tidak disiplin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian.
Hasil dari penelitian ini peran pengasuh terhadap anak asuh LKSA Mambaul Ulum Kabupaten Jember dan pembentukan sikap disiplin, menunjukkan bahwa peran pengasuh sangat efektif dengan penerapan peraturan yang konsisten dan konsekuensi yang jelas terhadap pelanggaran namun, hanya saja tingkat kedisiplinan belum optimal. Oleh karenanya, upaya yang terus-menerus dalam meningkatkan konsistensi dan ektivitas penerapan peraturan, dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung dalam perkembangan sikap disiplin dan perilaku yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfi Fina Alfina
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:30
Last Modified: 28 Jun 2024 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item