Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam QS.Luqman Ayat 12-14 Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina

Ana, Yulia Ningsih (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam QS.Luqman Ayat 12-14 Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ana Yulia Ningsih (204104010007).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan sangat penting untuk diperhatikan, terutama pendidikan karakter bangsa. Pendidikan merupakan modal awal dalam menghadapi dunia. Pendidikan memerlukan aplikatif memanusiakan manusia dengan tidak menitik beratkan pada penguasaan satu aspek saja tetapi seimbang dan saling melengkapi, terutama dalam aspek pengembangan dan intrernalisasi karakter. Menurut Ibnu Sina pendidikan karakter sangat penting agar terbentuk manusia yang berakhlak dan berguna bagi bangsa, karna jika karakter bangsa telah rusak maka akan rusak pula bangsanya.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini yakni: Pertama, bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam QS. Luqman ayat 12-14?, Kedua, bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam QS. Luqman ayat 12-14 dengan pemikiran pendidikan Ibnu Sina?, Penelitian ini memiliki tujuan: Untuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam QS. Luqman ayat 12-14, dan Untuk menjelaskan tentang relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam QS. Luqman ayat 12-14 dengan pemikiran pendidikan Ibnu Sina.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah library research, dengan menggunakan metode analisis deskriptif . Cara pengumpulan data yakni dengan studi dokumentsi dan menggunakan metode analisis isi dalam menganalisis.
Hasil dari penelitian ini adalah: Nilai-Nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam QS. Luqman Ayat 12-14 perspektif pemikiran ibnu sina (1). Pembiasaan bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmat, larangan kufur nikmat kepada Allah dan mempersekutukan Allah, hal ini mengandung pemikiran pendidikan Ibnu Sina diantaranya: Konsep pendidikan, Tujuan Dan Sasaran, Kurikulum, Metode Pembelajaran Pendidikan, dan Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti (Akhlak). (2). Hendaklah bersyukurlah kepada kedua orang tua karena mereka mempunyai jasa yang besar dan menjadi sebab dirimu terlahir di dunia. Hal ini mengandung pemikiran pendidikan Ibnu Sina diantaranya: Konsep Pendidikan, Metode Pembelajaran, Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti (Akhlak), Pentingnya Memilih Teman, dan Konsep Hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mrs Ana Ana Yulia Ningsih
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:40
Last Modified: 28 Jun 2024 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34671

Actions (login required)

View Item View Item