Implementasi Metode Iqra Dalam Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SDLB) Negeri Jember

Muhammad, Alfin Bardani (2024) Implementasi Metode Iqra Dalam Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SDLB) Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam kiai Haji achmad siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ALFIN BARDANI_204103030044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Alfin Bardani, 2024 : Implementasi metode iqra dalam membaca Al-Quran pada siswa tunarungu di SDLB Negeri Jember

Kata Kunci : Implementasi, Metode Iqro’, Tunarungu.

Implementasi merupakan sebuah penerapan atau pelaksanaan. Yaitu tidak lain dari suatu kegiatan yang dilaksanakan agar mencapai suatu tujuan. Metode Iqra merupakan metode pembelajaran membaca huruf-huruf hijaiyah pada awal dan diikuti ketentuan bacaan, tanpa makna serta dengan tidak menggunakan lagu yang memiliki tujuan untuk pembelajaran mampu membaca Al-Quran seperti dalam kaidahnya. tunarungu merupakan kelemahan maupun hilangnya pendengaran yang berdampak kendala untuk perkembangan maka membutuhkan pendampingan serta pendidikan khusus. Individu disebut tunarungu jika tidak dapat maupun kurang dalam dalam mendengarkan suara. Jika diamati secara fisik, anak tunarungu tidak sama terhadap anak seperti umumnya.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini merupakan: 1) Bagaimana implementasi Metode iqra’ dalam membaca Al-Quran pada siswa tuna rungu di SDLB Negeri Jember. 2) Bagaimana hasil implementasi Metode iqra’ dalam membaca Al-Quran pada siswa tuna rungu di SDLB Negeri Jember. Adapun tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui implementasi metode iqra dalam membaca Al-Quran pada siswa tunarungu di SD LB Negeri Jember. 2)Mengetahui hasil implementasi Metode iqra dalam membaca Al- Quran pada siswa tuna rungu di SDLB Negeri Jember.
Penelitian ini memanfaatkan jenis Penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Negeri Jember. Pengumpulan data yang dilakukan untuk Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan untuk Penelitian kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data Penelitian ini memanfaatkan triangulasi metode.
Hasil kesimpulan dari Penelitian ini iyalah yakni siswa dapat membaca huruf hijaiyah yang berjumlah 30 huruf dalam waktu dua bulan. Selain itu hasil membaca selama dua bulan siswa dapat membaca gabungan tiga huruf hijaiyah dengan benar. Adapun faktor pendukung yang terjadi adalah adanya alat peraga dari metode Iqra’ yang digunakan sehingga memudahkan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Dalam faktor penghambatnya apabila ada siswa yang tidak suka belajar membaca, akan tetapi pihak sekolah menjumpai dua solusi agar siswa suka belajar yakni dengan dampingan orang tua atau dampingan guru yang disukai oleh siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220404 Jewish Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Alfin Bardani Muhammad Alfin Bardani
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:08
Last Modified: 28 Jun 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34690

Actions (login required)

View Item View Item