Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tempurung Kelapa oleh Pemuda Karang Taruna di Desa Gumuk Kerang Kecamatan Sumbersari

Makmun, Makmun (2024) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tempurung Kelapa oleh Pemuda Karang Taruna di Desa Gumuk Kerang Kecamatan Sumbersari. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Makmun_E20172244 Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi adalah penguatan faktor-faktor produksi, penguatan penguasaan distribusi dan pemasaran, penguatan masyarakat untuk mendapatkan gaji atau upah yang memadai, dan penguatan masyarakat untuk memperoleh informasi,pengetahuan dan keterampilan, yang harus dilakukan secara multi aspek, baik dari aspek masyarakatnya sendiri, maupun dari aspek kebijakannya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk pemanfaatan tempurung kelapa sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pemuda karang taruna di Desa Gumuk Kerang Kecamatan Sumbersari? 2) Bagaimana dampak positif dan negatif pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan tempurung kelapa oleh pemuda karang taruna di Desa Gumuk Kerang Kecamatan Sumbersari?
Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) Untuk menganalisa dan mengetahui bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, 2) Untuk menganalisa dan mengetahui dampak positif dan negatif pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pemanfaatan tempurung kelapa bisa dijadikan barang-barang kerajinan seperti dupa, gantungan kunci, manik-manik dan kertas karbon. 2) Dampak positif pemanfaatan tempurung kelapa pada Desa Gumuk Kerang yakni pengurangan pengangguran, meningkatkan perekonomian, dan membantu masyarakat sekitar untuk terampil dan berkembang. Sedangkan dampak negatif pemanfaatan tempurung kelapa pada Desa Gumuk Kerang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan seperti adanya debu-debu dari proses pengamplasan yang akan menganggu kesehatan pengawai, pekerja dan masyarakat sekitar.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Ekonomi, Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Makmun Makmun
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:44
Last Modified: 28 Jun 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34717

Actions (login required)

View Item View Item