Strategi Manajemen Pengembangan Kompetensi Daya Saing Lulusan Ma'had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo Situbondo

Wahyono, Imam (2024) Strategi Manajemen Pengembangan Kompetensi Daya Saing Lulusan Ma'had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo Situbondo. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Disertasi Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Imam Wahyono, 2024. “Strategi Manajemen Pengembangan Kompetensi Daya Saing Lulusan Ma’had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo Situbondo.” Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember. Promotor : Prof. Dr. H. M. Khusnuridlo, M.Pd.I, Co-Promotor : Dr. H. Ubaidillah, M. Ag.

Kata Kunci : Strategi Manajemen, Daya Saing, Kompetensi, Lulusan, Ma’had Aly

Sebagai bagian dari lembaga formal pendidikan tinggi pesantren, Ma’had Aly secara yuridis juga terdorong membentuk lulusan yang sesuai standar. Masalahnya adalah pengembangan pendidikan tradisional pesantren tentu tidak mudah untuk merespons perubahan yang terus-menerus membutuhkan peningkatan standar global. Tradisionalitas akan membuat mereka gagal dalam menciptakan kompetensi daya saing lulusannya. Penelitian ini berupaya mengkaji Manajemen strategi pengembangan kompetensi daya saing lulusan Ma’ha Aly Pesantren Salifiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Lembaga ini telah terbukti banyak mencetak lulusan yang mampu bersaing di tingkat global.
Penelitian ini menfokuskan pada tiga kajian, yakni bagaimana strategi internal pengembangan kompetensi daya saing lulusan Ma’ha Aly Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo? Bagaimana strategi eksternal kompetensi daya saing lulusan Ma’ha Aly Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo? dan bagaimana struktur dan strategi pengembangan kompetensi daya saing lulusan Ma’ha Aly Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo? Ketiga fokus tersebut dikaji secara serius untuk menemukan strategi internal dan eksternal serta proses formulasi pengembangan yang berupa struktur dan strategi pengembangan kompetensi daya lulusannya. Dari tiga hasil kajian tersebut diharapkan terbangun sebuah manajemen strategi pengembangan kompetensi daya saing lulusan Ma’had Aly.
Proses penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis pada situs yang telah dipilih. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, indept interview dan studi dokumentasi dan dilakukan pada semua pihak yang berhubungan dengan proses strategi pengembangan kompetensi daya saing lulusan. Hasil penelitian kemudian dikaji dalam pendekatan dikursus teoretis manajemen strategi dan konsepsi pengembangan kompetensi daya saing.
Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pengembangan tampak didasarkan pada budaya yang berkembang. Peneliti menyebutnya “Competitive Advantage Development of Ma’had Aly Graduates”. Model ini dijelaskan, pertama, strategi internal didasarkan falsafah kepemimpinan pendiri/pengasuh pesantren, interaksi ulama’ Multi pemahaman, sistem kaderisasi, relasi kelembagaan internal pesantren, dan tradisi pendidikannya. Kedua, strategi eksternal didasarkan adanya al Muhadirun, PPM, alumni networks, jejaring Pengembangan Sumber Daya Manusia dan pengembangan teknologi informasi. Ketiga, struktur dan strategi dikembangkan dengan koalisi struktur dan integrasi strategi. Tahapan adalah koalisi potensi internal dan eksternal sebagai dasar penyusunan seperangkat nilai objektif, merumuskan visi, misi dan tujuan, memadukan koalisi birokrasi tradisional pesantren dan modern, melakukan integrasi strategi culture fragmented dan market adhocracy dalam setiap kelompok birokrasi, dan melakukan evaluasi berdasarkan kifayah ilmiah dan khuluqiyah yang diturunkan sebagai standar pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email imamwahyono12031989@gmail.com
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:38
Last Modified: 01 Jul 2024 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34729

Actions (login required)

View Item View Item