Pengaruh Kompetensi Spiritual dan Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Karakter Religius dan Karakter Demokratis Siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember

Khair, Achmad Iqbalil (2024) Pengaruh Kompetensi Spiritual dan Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Karakter Religius dan Karakter Demokratis Siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS ACHMAD IQBALIL KHAIR WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Khair, Achmad Iqbalil. 2024. Pengaruh Kompetensi Spiritual dan Leadership Guru PAI dan BP Terhadap Pembentukan Karakter Religius dan Karakter Demokratis Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kamal 03 Arjasa Jember. Pembimbing I : Dr. H. Moh. Sutomo, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Nino Indrianto, M.Pd.

Kata Kunci: Kompetensi Spiritual, Kompetensi Leadership, Karakter Religius, Karakter Demokratis.

Pembentukan karakter harus diupayakan di setiap lembaga pendidikan, karena karakter merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, karakter religius dan demokratis merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan, maka penting untuk diketahui apakah pembentukan karakter tersebut dapat dipengaruhi oleh kompetensi spiritual dan kompetensi leadership Guru PAI dan BP.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan: 1) pengaruh kompetensi spiritual Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter religius siswa; 2) pengaruh kompetensi leadership Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter religius siswa; 3) pengaruh kompetensi spiritual Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter demokratis siswa; 4) pengaruh kompetensi leadership Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter demokratis siswa; 5) pengaruh kompetensi spiritual dan leadership Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter religius siswa; 6) pengaruh kompetensi spiritual dan leadership Guru PAI dan BP terhadap pembentukan karakter demokratis siswa.
Penelitian dilakukan di SDN Kamal 03 Arjasa Jember menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dengan jumlah populasi 110 siswa, kemudian sampel ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data melalui instrumen angket atau kuesioner dengan empat variabel. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meiliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi dasar berupa, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi sederhana berupa uji t (parsial), analisis regresi berganda berupa uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi spiritual Guru PAI dan BP berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter religius siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 9,46% kategori sangat rendah dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05; 2) Kompetensi leadership Guru PAI dan BP berpengaruh positif signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 50,02% kategori sedang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 3) Kompetensi spiritual Guru PAI dan BP berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter demokratis siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 21,08% kategori rendah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 4) Kompetensi leadership Guru PAI dan BP berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter demokratis siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 8,24% kategori sangat rendah dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05; 5) Kompetensi spiritual dan kompetensi leadership Guru PAI dan BP berpengaruh positif signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 59,5% kategori sedang dengan Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 6) Kompetensi spiritual dan kompetensi leadership Guru PAI dan BP berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter demokratis siswa di SDN Kamal 03 Arjasa Jember sebesar 29,3% kategori rendah dengan Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Achmad Iqbalil Khair
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:23
Last Modified: 01 Jul 2024 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item