Strategi Komunikasi Dakwah dalam Mewujudkan Misi Kaderisasi Da’i di Muhammadiyah Boarding and Full Day School SMP Muhammadiyah 4 Tanggul Jember

Firmansyah, Sulviva Desindo (2024) Strategi Komunikasi Dakwah dalam Mewujudkan Misi Kaderisasi Da’i di Muhammadiyah Boarding and Full Day School SMP Muhammadiyah 4 Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sulviva Desindo Firmansyah_204103010020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Da’i, Dakwah, Kaderisasi, Strategi Komunikasi

Islam adalah agama dakwah, dan untuk mempertahankan tradisi penyampaian ajaran Islam secara turun-temurun, perlu dilakukan usaha untuk menciptakan kader-kader Da’i yang berkualitas. Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi Islam terbesar, telah berperan dalam mendirikan ribuan sekolah, pesantren, dan universitas. Namun, kekurangan kader Muhammadiyah yang aktif sebagai Da’i atau pendakwah masih menjadi tantangan yang dirasakan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya dalam pembentukan kader Da’i yang berkualitas masih perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan awal organisasi.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan oleh Muhammadiyah Boarding and Full Day School SMP Muhammadiyah 4 Tanggul Jember dalam mewujudkan misi kaderisasi Da’i.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis difokuskan pada strategi komunikasi dakwah yang diimplementasikan oleh Muhammadiyah Boarding and Full Day School SMP Muhammadiyah 4 Tanggul Jember dalam mewujudkan misi kaderisasi Da’i, sesuai dengan teori Suhandang yang meliputi persiapan komunikator dakwah, implementasi strategi komunikasi dakwah, dan pengaruh strategi komunikasi dakwah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Muhammadiyah Boarding and Full Day School SMP Muhammadiyah 4 Tanggul Jember telah berhasil dalam menyiapkan komunikator dakwah, mengimplementasikan strategi komunikasi dakwah, memberikan pengaruh positif terhadap keberhasilan strategi komunikasi dakwah, serta menjalankan program kaderisasi Da’i dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Sulviva Desindo Firmansyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:29
Last Modified: 02 Jul 2024 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34757

Actions (login required)

View Item View Item