Hubungan Gratitude Dengan Happiness pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Maa'uun Yosowilangun Lumajang

Musodiqoh, Nala Hamidatum (2024) Hubungan Gratitude Dengan Happiness pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Maa'uun Yosowilangun Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NALA HAMIDATUM MUSODIQOH_204103050050.pdf

Download (44MB)

Abstract

Kata Kunci: Gratitude, Happiness, Remaja LKSA.
Berbagai macam persoalan yang di alami oleh remaja di LKSA meliputi kurangnya bimbingan, kasih sayang, dan perhatian, kurangnya pemenuhan kebutuhan mental dan permasalahan emosi. Hal ini menyebabkan remaja yang tinggal di LKSA rentan mengalami ketidakbahagiaan. Meskipun demikian, kebahagiaan tetap bisa dirasakan oleh remaja di LKSA meskipun dalam situasi yang sulit. Remaja di LKSA terlihat bahagia dengan aktivitas sehari-hari yang dijalani penuh semangat seperti bermain dan tertawa bersama dengan teman sesama penghuni LKSA. Salah satu kunci mencapai kebahagiaan adalah melalui rasa syukur atas berbagai nikmat yang telah diterima, meskipun dalam kondisi yang sulit. Dengan adanya usaha dan sikap bersyukur, remaja di LKSA dapat mengatasi berbagai kesulitan dan meraih kebahagiaan dalam hidup mereka.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan gratitude dengan happiness pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Maa’uun Yosowilangun Lumajang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gratitude memiliki hubungan dengan happiness pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Maa’uun Yosowilangun Lumajang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 35 remaja di LKSA Al-Maa’uun Yosowilangun Lumajang yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan skala gratitude berdasarkan teori dari Emmons dan skala happiness berdasarkan teori Seligman yang dimodifikasi dari Rini Agustina. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa gratitude memiliki hubungan positif secara signifikan dengan happiness pada remaja di LKSA Al-Maa’uun Yosowilangun Lumajang. Hal ini berdasarkan pada temuan pada hasil uji korelasi dan nilai person correlation atau rhitung. Perolehan sebesar signifikansi 0,007 < 0,05 dan nilai person correlation (rhitung) sebesar 0,450 > 0.3388 (n-2 = 33) artinya bahwa semakin tinggi gratitude pada remaja maka semakin tinggi happiness yang dirasakan pada remaja di LKSA Al-Maa’uun Yosowilangun Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Nala Hamidatum Musodiqoh
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:48
Last Modified: 28 Jun 2024 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34780

Actions (login required)

View Item View Item