Implementasi Model Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII C Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Tri Mahmudyanti, Dewi Fortuna (2024) Implementasi Model Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII C Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-059-PAI-2024)
WATERMARK FIKSS DEWI REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dewi Fortuna Tri Mahmudyanti, 2024: Implementasi Model Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII C Di MTS Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Model Learning Cycle dan Aqidah Akhlak

Dalam proses belajar mengajar, erat sekali relevansinya antara guru dengan minat belajar siswa. Minat belajar akan tumbuh dan berkembang dapat disebabkan karena rasa suka siswa terhadap gurunya. Rasa suka bisa muncul dari penampilan guru, metode guru dalam mengajar ataupun karena sifat-sifat terpuji yang dimiliki guru.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Eksplorasi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Penjelasan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Pengembangan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Eksplorasi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember 2) Untuk mengetahui Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Penjelasan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember 3) Untuk mengetahui Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Pengembangan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskripif kualitatif. Pengumpulam data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan,yakni dengan mengumpulan data
Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa 1) Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Eksplorasi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII C di MTs Negeri 8 Jember Pada tahap ini, fungsi pembelajaran yang utama adalah melibatkan siswa dalam suatu mata pelajaran atau pembelajarn. 2) Implementasi Model learning cycle pada Tahapan Penjelasan dalam Pembelajaran Memberikan kebebaan kepada peserta didik untuk menjelaskan hasil yang mereka peroleh dengan berkelompok tersebut,jadi nanti tinggal nambahkan aja hasil yang sudah diperoleh. 3) Pada tahapan pengembangan ini saya memberikan peranyaan kepada peserta didik terlebih dahulu tentang materi, kemudian mengenalkan suatu fenomena yang menarik yang menyakut tentang materi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Dewi Fortuna Tri Mahmudyanti
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:10
Last Modified: 01 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item