Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Konsumen Di Titik Balik Coffee Shop Kabupaten Jember

Arofah, Lailatul (2024) Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Konsumen Di Titik Balik Coffee Shop Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LAILA FIX 20 JUNI 2024000.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Arofah, 2024 : “Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Konsumen Di Titik Balik Coffee Shop Kabupaten Jember”.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jumlah Konsumen, Titik Balik Coffee Shop
Pertumbuhan kebutuhan masyarakat seiring dengan peningkatan pendapatan menghasilkan permintaan akan barang dan jasa yang lebih canggih. Strategi pemasaran yang efektif meliputi empat elemen dalam bauran pemasaran: harga, promosi, distribusi, dan produk. Konsumen merupakan faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan, sehingga strategi pemasaran yang kuat diperlukan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Titik Balik Coffee Shop menggunakan berbagai strategi pemasaran, termasuk sponsoring acara, promosi sarapan gratis, dan media sosial, untuk meningkatkan jumlah konsumen. Mereka menggunakan manajemen yang efektif dalam pengembangan usaha, terutama dalam bidang pemasaran, menjadi faktor kunci dalam kesuksesan bisnis seperti Titik Balik Coffee Shop .
Dalam penelitian ini mengankat fokus masalah : 1). Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Titik Balik Coffee Shop dalam peningkatan jumlah konsumen?. 2). Bagaimana dampak peningkatan jumlah konsumen pada Titik Balik Coffee Shop Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Titik Balik Coffee Shop dalam peningkatan jumlah konsumen.2). Untuk mengetahui dampak peningkatan jumlah konsumen pada Titik Balik Coffee Shop Kabupaten Jember
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitain ditemukan bahwa: 1. Titik Balik Coffee Shop memiliki fokus pada pengembangan produk berkualitas tinggi dan beragam, sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Strategi penetapan harga kompleks dilakukan dengan mempertimbangkan biaya produksi, permintaan pasar, dan nilai tambah yang ditawarkan kepada pelanggan. Mereka juga menggunakan berbagai strategi promosi, termasuk pemanfaatan media sosial dan penawaran spesial, untuk memperkenalkan produk kepada konsumen potensial dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. 2. Peningkatan jumlah konsumen di Titik Balik Coffee Shop memiliki dampak signifikan. Secara positif, peningkatan ini meningkatkan pendapatan dan laba Coffee Shop, serta memperkuat reputasi dan ketenaran di masyarakat. Namun, dampak negatifnya meliputi tekanan pada kualitas layanan, tantangan dalam manajemen persediaan, dan waktu tunggu yang lebih lama bagi pelanggan. Strategi yang bijaksana diperlukan untuk memaksimalkan dampak positifnya sambil mengurangi dampak negatifnya, agar coffee shop tetap kompetitif dan dapat mempertahankan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arofah Lailatul
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:23
Last Modified: 01 Jul 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34796

Actions (login required)

View Item View Item