Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan kurikulum 3in1 di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember

SHOLIHIN, SHOLIHIN (2024) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan kurikulum 3in1 di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-069-PAI-2024)
SHOLIHIN_T20171025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah pemahaman, penguasaan atau kemampuan seorang guru ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang telah diterapkan. Dalam penerapan kurikulum 3 in 1 (kurikulum kementerian pendidikan dan kebudayaan, kurikulum kementerian agama dan kurikulum pesantren yang diterapkan atas tuntutan masyarakat dan kebutuhan lembaga pendidikan dengan memadukan pelajaran khas pesantren.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek persiapan mengajar. 2) Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek pelaksanaan proses belajar mengajar. 3) Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek persiapan mengajar. 2) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek pelaksanaan proses belajar mengajar. 3)untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SMP Plus Darus Sholah Jember ditinjau dari kemampuan pengelolaan proses belajar mengajar pada aspek evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa Perancangan atau perencanaan pembelajaran merupakan langkah awal dari suatu proses belajar mengajar, yang didalamnya memuat materi, metode, langkah-langkah dan waktu yang akan digunakan selama pembelajaran.Pelaksanaan pembelajaran adalah bentuk tindak lanjut dari proses perencanaan atau perancangan yang sudah disusun sedemikian rupa sebelumnya.Sedangkan Evaluasi adalah tahap akhir dari sebuah pelaksanaan dimana pada tahapan ini pendidik akan mengetahui apakan dari perencanaan hingga pelaksanaan itu sudah berjalan deng baik dan tercapai.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 3 In 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr SHOLIHIN SHOLIHIN
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:57
Last Modified: 01 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34806

Actions (login required)

View Item View Item