Penanaman Karakter Anak di Keluarga 'Aisyiyah Cabang Watukebo Jember

Muhammad Abdul, Basit (2024) Penanaman Karakter Anak di Keluarga 'Aisyiyah Cabang Watukebo Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Abdul Basit_203206030054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter sangat penting untuk menjadi perhatian dan komitmen bagi setiap orang tua yang memiliki anak khususnya ibu sebagai madrasatul ula. Sebagai upaya dalam menanamkan karakter anak secara baik, ‘Aisyiyah telah lama menggagas konsep keluarga sakinah. Selain dalam pengajian pekanan secara rutin, konsep keluarga sakinah di ‘Aisyiyah Cabang Watukebo Jember dikaji melalui program parenting wali murid di sekolah-sekolah binaan.
Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) ibu dalam memahami karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas; (2) pola ibu dalam menanamkan karakter tersebut di keluarganya; dan (3) faktor-faktor yang menjadi kendala dan pendukung ibu dalam menanamkan karakter tersebut. Penelitian ini menggunakan desain mini-ethnography case study yang berfokus pada fenomena tertentu dengan melakukan penelitian lapangan yang singkat dan intensif. Analisis data yang dipakai adalah model Wolcott yang mencakup deskripsi, analisis, dan interpretasi.
Penelitian ini dilakukan di lingkungan ‘Aisyiyah Cabang Watukebo Jember. Ada tiga ibu yang menjadi subjek penelitian, yaitu Ibu Suprihatin, Ibu Arum dan Ibu Efi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ibu mempunyai beberapa perbedaan dalam memahami karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas anak. Dalam pola penanaman karakter anak, ketiganya telah melengkapi asas-asas keluarga sakinah dengan pola pendidikan yang beragam; (2) Ibu Suprihatin dan Ibu Arum sama-sama menggunakan pola demokratis dengan suami yang cenderung semi-otoriter. Sedangkan Ibu Efi menggunakan pola demokratis dengan suami yang cenderung semi-permisif; dan (3) Secara umum, kendala yang dialami oleh ketiga ibu dalam menanamkan karakter anak adalah keterbatasan waktu.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Ibu, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abdul Basit
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:15
Last Modified: 01 Jul 2024 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item