Mental Accounting: Pengelolaan Keuangan Dalam Memenuhi Gaya Hidup (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah UIN KHAS Jember)

Isnaini, Roisatul (2024) Mental Accounting: Pengelolaan Keuangan Dalam Memenuhi Gaya Hidup (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-061-AKSYA-2024)
ROISATUL ISNAINI_204105030116_WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mental accounting merupakan konsep psikologis yang menjelaskan cara seseorang dalam mengelola dan membuat keputusan keuangan untuk memenuhi gaya hidup individu. Mengelola keuangan dapat dilakukan oleh semua orang, salah satunya adalah mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana seorang mahasiswa Akuntansi Syariah UIN KHAS Jember mengembangkan strateginya dalam pengelolaan keuangan yang efektif berdasarkan pemahamannya mengenai konsep mental accounting untuk memenuhi gaya hidup individu?.

Untuk mengidentifikasi permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji achmad Siddiq Jember. Subjek penelitian adalah mahasiswa/i akuntansi syariah angkatan 2020,2021, dan 2022 UIN KHAS Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah: Observasi, wawancara, dokumentasi.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya pada mahasiswa Akuntansi Syariah UIN KHAS Jember rata-rata telah memahami dan menerapkan mental accounting pada diri mereka masing-masing dengan melakukan pencatatan, pengklasifikasian, pengambilan keputusan dan mengevaluasi keuangan mereka baik secara tertulis maupun hanya dalam pikiran mereka. Mereka juga telah memahami dan menerapkan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan teori perilaku keuangan seseorang yang meliputi konsumsi, cash flow management, dan saving. Para mahasiswa sudah paham mengenai keseimbangan antara kebutuhan, keinginan dan tujuan hidup mereka dengan didukung oleh penerapan mental accounting dan starategi pengelolaan keuangan yang baik.

Kata Kunci: Mental Accounting, Pengelolaan Keuangan, Gaya Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Roisatul Isnaini
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:56
Last Modified: 10 Jul 2024 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34814

Actions (login required)

View Item View Item