Peran Pondok Pesantren Al-Hasan Dalam Pengembangan Potensi Kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Sholeh, Abid Waliyuddin (2024) Peran Pondok Pesantren Al-Hasan Dalam Pengembangan Potensi Kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abid Waliyuddin Sholeh_20192044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran, Pondok Pesantren Al-Hasan, Pengembangan Potensi kopi.
Pondok Pesantren Al-Hasan 1 selain menjadi lembaga pendidikan agama, pondok pesantren ini juga berfungsi sebagai entitas sosial yang membantu pembinaan kehidupan masyarakat, menunjukkan kepedulian khusus terhadap petani kopi dalam lingkungan sekitarnya. Kecamatan Panti memiliki potensi kopi yang besar, akan tetapi kurangnya kualitas sumber daya manusia mengakibatkan menurunnya kualitas dan hasil kopi. Para petani juga kurang memahami proses pengolahan kopi pasca panen dengan baik.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Hasan 1 dalam pengembangan potensi kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran Pondok Pesantren Al-Hasan 1 dalam pengembangan potensi kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan memberikan deskripsi secara rinci peran Pondok Pesantren Al-Hasan 1 dalam pengembangan potensi kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran Pondok Pesantren Al-Hasan 1 dalam pengembangan potensi kopi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data induktif model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Hasan 1 berperan dalam mengembangkan potensi kopi di Desa Kemiri melalui pelatihan dan pendampingan kepada petani kopi dan santri yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK), menjadi distributor kopi bagi para petani kopi, adanya pelaksanaan pelatihan barista membantu meningkatkan skill individu santri dalam pengolahan kopi dan mendorong minat generasi muda dalam pertanian kopi. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Pondok Pesantren Al-Hasan 1 diantaranya Relasi Pengasuh Dalam Eksportir Kopi, Antusiasme Petani Dalam Pengembangan Potensi Kopi Yang Diperkuat Oleh Dukungan Pemerintah, Tingginya Motivasi Pada Pada Nilai-nilai Islam. Adapun faktor penghambat berupa rendahnya Pengetahuan SDM (petani kopi) Terkait Pengolahan Kopi, Faktor Cuaca Yang Tidak Menentu, langkanya pupuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: mr Abid Waliyuddin Sholeh
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:24
Last Modified: 01 Jul 2024 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34822

Actions (login required)

View Item View Item