Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek "Ampo" Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember

Nabilah, Novita ayudia (2024) Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek "Ampo" Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-050-ES-2024)
NOVITA AYUDIA NABILAH_E20192319.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Novita Ayudia Nabilah, Munir Is’adi, 2024: Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek “Ampo” Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember.

Kata kunci: loyalitas pelanggan, harga, kualitas produk, kualitas layanan, pemasaran.

AMDK “Ampo” adalah bagian dari usaha CV. Lisa Jaya Mandiri Food yang diproduksi untuk kebutuhan air minum dengan proses pengolahannya yaitu melewati proses filtrasi, treatment, ozonisasi, dan UV yang dikemas dalam yaitu kemasan cup (gelas), botol, dan galon.
Fokus penelitian dalam kajian ini adalah upaya perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan yang ditinjau dari aspek sistem pengelolaan, harga, kualitas produk, dan layanan.
Tujuan dari penelitiann ini adalah untuk memaparkan bagaimana sistem pengelolaan AMDK “Ampo” dan upaya perusahaan dalam meningkatkat loyalitas pelanggan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyadian data, dan verivikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengolaan AMDK “Ampo” meliputi proses pengolahan air, proses pengemasan, mesin yang digunakan hingga kendala apa saja yang dapat menghambat proses produksi. Adapun upaya yang dilakukan AMDK “Ampo” dalam meningkatkan loyalitas pelanggan kaitannya dengan harga adalah memberikan harga terjangkau bagi masyarakat dan perbedaan harga bagi distributor, grosir, toko, dan ritel. Upaya yang dilakukan kaitannya dengan kualitas layanan adalah memberikan garansi pengiriman dan produk melalui proses pemasaran yaitu strategi door to door, penjualan luring dan daring. Adapun upaya perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan hubungannya dengan kualitas produk adalah melakukan pengecekan air secara berkala, dan memastikan kadar PH air sebesar 8,3 dan kadar mineralnya sebesar 150-160 dan melengkapi legalitas produknya untuk menambah kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Novita Ayudia Nabilah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:38
Last Modified: 01 Jul 2024 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34844

Actions (login required)

View Item View Item