Pengaruh Pengendalian Internal Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kecurangan Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo

Suandani, Nabila Yulianingrum (2024) Pengaruh Pengendalian Internal Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kecurangan Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-019-AKSYA-2024)
NABILA YULIANINGRUM S_201105030022-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nabila Yulianingrum Suandani, Dr. Retna Anggitaningsih, S.E., M.M., 2024 : Pengaruh Pengendalian Internal dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo

Kata kunci : sistem pengendalian internal, kompetensi, kecurangan.

Dengan diberlakukannya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014, secara tidak langsung menerapkan semua pembangunan harus dimulai di tingkat desa. Pengelolaan desa harus dilakukan dengan transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif untuk menciptakan tata kelola yang baik sehingga tidak ada keraguan tentang pengelolaan keuangan desa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) apakah sistem pengendalian internal berpengaruh pada kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan? 2) apakah kompetensi aparatur desa berpengaruh pada kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan? 3) apakah sistem pengendalian internal dan kompetensi aparatur desa secara bersamaan berpengaruh pada kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan. 2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur desa terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan. 3) untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal dan kompetensi aparatur desa secara bersamaan terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini desa – desa yang berada di lingkup Kecamatan Kraksaan dengan menyebarkan kuesioner. Alat analisis data berupa uji instrument data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dengan bantuan SPSS Statistic Versi 26.
Penelitian ini memiliki simpulan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa di Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo dengan hasil dari nilai thitung 8,503 > ttabel 2,004 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan kompetensi aparatur desa juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa 2,004 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan secara simultan sistem pengendalian internal dan kompetensi aparatur desa berpengaruh signifikan terhadap kecurangan pengelolaan keuangan desa 1755,467.dan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Nabila Yulianingrum Suandani
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:33
Last Modified: 01 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34850

Actions (login required)

View Item View Item