Manajemen life skill bagi anak berkebutuhan khusus bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Karangasem

Dadang, Sutrisna (2024) Manajemen life skill bagi anak berkebutuhan khusus bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Karangasem. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text (SK-065-MPI-2024)
DADANG SUTRISNA 202101030002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Program life skill ini berisi kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketrampilan para siswa, supaya siswa tidak hanya terbekali dengan ilmu teoritik saja, namun juga ilmu ketrampilan yang berguna bagi siswa untuk menghadapi dunia luar. Ketrampilan yang nanti diasah saat pelaksanaan program life skill ini juga akan meningkatkan kemandirian siswa. Begitu juga pada anak berkebutuhan khusus yang anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. harus mendapatkan pembelajaran life skill untuk mempersiapkan mereka ketika berada di lingkungan masyarakat agar tidak dipandang sebelah mata maka dari itu, penulis mengangkat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana perencanaan manajemen program life skill di SLB Negeri 1 Karangasem ?, 2) Bagaimana pelaksanaan program life skill di SLB Negeri 1 Karangasem ? dan 3) Bagaiamana evaluasi program life skill di SLB Negeri 1 Karangasem ?.
Penelitian ini berfokus pada 1) Mendiskripiskan Perencanaan Program life skill di SLB Negeri 1 karangasem, 2) Mendiskripsikan Pelaksanaan Program life skill di SLB Negeri 1 Karangasem, dan 3) Mendiskripsikan Evaluasi Program Life skill di SLB Negeri 1 Karangasem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Tehknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles , Huberman dan Saldana dan model intraktif ini memiliki 3 komponen 1) Kondensasi data , 2) Penyajian data 3) Kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai Manajemen program life skill bagi anak berkebuthan khusus di SLB Negeri 1 Karangasem di lakukan dengan segenap kegiatan Perencanaan. Pelaksanaan dan Evaluasi. Perencaan yang dilakukan yaitu dengan melakukan rapat bersama kepala sekolah dan guru untuk menentukan kegiatan yang akan di laksanakan dan menyiapkan jadwal pelajaran, kurikulum, SDM dan Sarana Prasarana. Untuk pelaksanaan program life skill yang di lakukan adalah menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan dalam program life skill dan membagi guru untuk mengajari siswa belajar keterampilan sesuai dengan keterampilan yang ada di sekolah karna porsi keterampilan lebih banyak dari pembelajaran akademik. Evaluasi di lakukan dengan penilaian pada saat penilaian akhir semester selain itu di lakukan juga rapat sebulan sekali dan setahun sekali untuk mengevaluasi jalannya program keterampilan yang telah di laksanakan.
Dadang Sutrisna, 2024. : Manajemen program life skill bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Karangasem.
Kata kunci : Manajemen program life skill, Anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MS Dadang Sutrisna
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:10
Last Modified: 09 Jul 2024 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34853

Available Versions of this Item

  • Manajemen life skill bagi anak berkebutuhan khusus bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Karangasem. (deposited 01 Jul 2024 01:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item