Hubungan Antara Kontrol Diri Terhadap perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Himami, Siti Shofwatil (2024) Hubungan Antara Kontrol Diri Terhadap perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI SHOFWATIL HIMAMI_204103050002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Shofwatil Himami, 2024 : Hubungan Antara Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Kata Kunci : Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, E-Commerce
Saat ini banyak individu menggunakan alternatif tercepat dalam melakukan aktivitasnya tidak terkecuali dalam membeli kebutuhan secara online dengan aplikasi e-commerce. Yang mana dapat menyebabkan individu memiliki perilaku konsumtif. Dikarenakan pada usia mahasiswa merupakan usia dimana mereka menghadapi perilaku konsumtif yang dapat berkonsekuensi negatif bagi mereka yang sering melakukan pembelian berlebihan. Disamping itu mahasiswa dapat menggunakan tindakan dengan kontrol diri yang dapat mengurangi dan menghindari perilaku perilaku konsumtif.
Penelitian ini menarik rumusan masalah yakni apakah terdapat hubungan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? Dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami terkait hubungan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Cara yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Yang mana mendapatkan total jumlah 83 dari mahasiswa aktif Psikologi Islam UIN KHAS Jember dengan jarak usia kisaran 18 tahun hingga 21 tahun. Metode pengambilan data dengan observasi dan kuesioner yang didalamnya terdapat tentang skala kontrol diri skala perilaku konsumtif. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yakni korelasi pearson product moment.
Hasil analisis data yang didapatkan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 melalui pearson product moment dalam penelitian ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. Maka dari itu Ha diterima dan H0 ditolak, yang mana dilihat dari pearson correlation menunjukkan nilai sebesar -0,733. Pearson correlation menunjukkan hasil nilai yang bersifat negatif yang artinya terdapat hubungan berbanding terbalik, oleh karena dapat dismpulkan bahwa individu yang mempunyai kontrol diri yang rendah maka akan tinggi perilaku konsumtif dan sebaliknya individu yang mempunyai kontrol diri yang tinggi akan rendah perilaku konsumtifnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms shofwatil himami
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:15
Last Modified: 01 Jul 2024 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34865

Actions (login required)

View Item View Item