Analisis risiko pasar pada usaha ternak Ayam sebelum dan sesudah Covid19 di desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Saputri, Resa Febby Hadi (2024) Analisis risiko pasar pada usaha ternak Ayam sebelum dan sesudah Covid19 di desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
resa water.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Analisis manajemen risiko pasar pada masa pandemi Covid-19 di peternakan ayam bertelur sangat penting untuk dilakukan penelitian karena tidak semua peternakan dapat bertahan dimasa pandemi Covid-19 ini. Risiko yang sangat terlihat pada saat pandemi Covid-19 ialah terjadinya fluktuasi harga yang tidak menentu, sehingga menyebabkan para peternak mengalami kerugian. Seiring berjalannya waktu yang mana pandemi Covid-19 masih ada , usaha peternakan ini kembali berkembang , bisa terlihat bahwa tidak adanya perubahan yang signifikan yang terjadi karna pada saat adanya covid-19 peternak memiliki pengendalian risiko agar tetap bisa bertahan di masa pandemi Covid-19. Seperti pada peternakan ayam bertelur Desa Patempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tingkat risiko pasar pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 di Desa Patempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana pengendalian risiko pasar pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah Covid-19 di Desa Ptempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tingkat risiko pasar pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah Covid-19 di Desa Patempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui pengendalian risiko pasar pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah Covid-19 di Desa Paetmpuran, kecamatan, Kalisat, Kabupaten Jember.
Untuk menjawab masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis datanya maka peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini memperoleh sebuah kesimpulan : 1) Risiko pasar yang terjadi pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah Covid-19, yaitu sebelum adanya Covid-19 kesulitan mencari pelanggan yang menyebabkan stok telur menumpuk, sedangkan sesudah adanya Covid-19 terjadinya fluktuasi harga di pasar yang tidak menentu. 2) Pengendalian risiko pasar pada usaha ternak ayam sebelum dan sesudah Covid-19, yaitu sebelum adanya Covid-19 menawarkan hasil telur kepada toko-toko atau pengepul untuk mengurangi penumpukan hasil telur, sedangkan sesudah adanya Covid-19 mengubah pakan jadi menjadi pakan campur, mengambil uang pribadi untuk menutupi kekurangan.

Kata Kunci : Risiko Pasar, Usaha Ternak Ayam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Resa Febby hadi Saputri
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:38
Last Modified: 01 Jul 2024 05:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34870

Actions (login required)

View Item View Item