Makna Sa'il Dalam Al-Qur'an (Tinjauan Semantik Perspektif Toshihiko Izutzu)

Rifki, Ardiansyah (2024) Makna Sa'il Dalam Al-Qur'an (Tinjauan Semantik Perspektif Toshihiko Izutzu). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skipsi revisi fixx RIFKI-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Maraknya pelaku urbanisasi dari desa menuju perkotaan dengan tujuan mencari pekerjaan untuk menopang perekonomian keluarga. Namun dalam kenyataannya usaha ini kerap menjadi permasalahan yang serius, dikarenakan tidak semua pelaku urbanisasi dapat memperoleh pekerjaan karena keterbatasan keterampilan yang dimilikinya sehingga menimbulkan permasalahan baru yaitu mengemis. Kata mengemis di dalam Al-Qur’an dimaknai dengan sa’il. Jika digali menggunakan pendekatan ilmu semantik dengan gagasan teori Toshihiko Izutzu maka, akan terangkum dalam dua rumusan yaitu: 1) Bagaimana penafsiran kata Sa’il di dalam Al-Qur’an? 2) Bagaimana tinjauan semantik kata sa’il perspektif Toshihiko Izutzu?
Dalam menjawab permasalahan-permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat kepustakaan (Library research). Serta pada analisis data penulis memakai deskriptif dengan tujuan memperoleh hasil yang akurat dari adanya data-data yang telah terkumpul dan disajikan dengan apa adanya.
Penelitian ini memperoleh hasil 1) Penafsiran kata sa’il yang terdapat di dalam Al-Qur’an perspektif kitab-kitab tafsir memperoleh penjelasan bahwa sa’il memiliki makna meminta serta bertanya dengan sebuah tujuan baik itu berupa materi ataupun informasi. 2) penggalian makna kata sa’il dari perspektif Toshihiko Izutzu, maka makna dasar dari kata sa’il ialah meminta dan bertanya dikutip dari kitab Mufrodat fi Gharibil Qur’an. Namun dalam makna relasionalnya kata sa’il memiliki makna yang berbeda yaitu kata sa’il dapat berupa meminta, bertanya, berdoa, serta mengejek ataupun menantang.
Kata Kunci: Sa’il, Semantik, Toshihiko Izutzu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rifki Ardiansyah Rifki Ardiansyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:16
Last Modified: 01 Jul 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34882

Actions (login required)

View Item View Item