Pendistribusian Dana Infak Dan Sedekah Melalui Program Sedekah Nasi Berkah (Snb) Pada Lembaga Amil Zakat Daerah (Lazda) Rizki Jember

Shalzabilla, Tasya Agnatha (2024) Pendistribusian Dana Infak Dan Sedekah Melalui Program Sedekah Nasi Berkah (Snb) Pada Lembaga Amil Zakat Daerah (Lazda) Rizki Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-022-ZAWA-2024)
SKRIPSI TASYA FIXX BGTT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Kata kunci :Iinfak, sedekah, LAZDA RIZKI Jember.

Infak adalah salah satu bentuk dari amal yang membantu orang yang membutuhkan, seperti orang miskin, anak-anak yatim, dan orang yang kurang mampu. Infak dapat berupa uang, makanan, pakaian, atau bantuan lain yang diberikan kepada orang yang membutuhkan tanpa pamrih, Secara umum, dana infak merupakan bentuk kebaikan yang dapat membantu memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi masyarakat,dan membantu orang yang membutuhkan. Sedekah merupakan suatu pembenaran dari keimanan oleh hamba kepada Allah SWT yang telah diwujudkan dalam bentuk sebuah pengorbanan baik materi maupun non materi.

Fokus Penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana Proses Pengelolaan Dana Infak Dan Sedekah Melalui Program Nasi Berkah di Lazda Rizki Jember ? 2) Bagaimana Pendistribusian Dana Infak Dan Sedekah Melelui Program Nasi Berkah di Lazda Rizki Jember?

Tujuan Penelitian ini adalah:1) Untuk Mengetahui Proses Pengelolaan Dana Infak Dan Sedekah Melalui Program Nasi Berkah di Lazda Rizki Jember. 2) Untuk Mengetahui Pendistribusian Dana Infak Dan Sedekah Melalui Program Nasi Berkah di Lazda Rizki Jember.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) pengelolaan dana infak dan sedekah program SNB di LAZDA RIZKI Jember ada 2 (dua), yaitu fresh money dan save food. kemudian pendistribusian dana infak dan sedekah pada LAZDA RIZKI Jember ada 2 (dua), yaitu Pendistribusian melalui Balai Kreatif (BAKRE) dan Pendistribusian melalui Requets donatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Tasya Agnatha Shalzabilla
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:21
Last Modified: 01 Jul 2024 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item