Implementasi Pick up Service Produk Tabungan Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT NU Situbondo Cabang Besuki

Dinil Islamiyah, Nuril Hidayati (2024) Implementasi Pick up Service Produk Tabungan Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah BMT NU Situbondo Cabang Besuki. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-126-PS-2024)
Bagi SKRIPSI FULL DINI (1)-2 (2) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Nuril Hidayati Dinil Islamiyah, 2024: Implementasi Pick up service Produk
Tabungan Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction di Koperasi
Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT NU Situbondo Cabang
Besuki, Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,
Universitas Islam Negeri Jember.
Kata Kunci: Pick up service, Customer Satisfaction, BMT NU Jawa Timur
Cabang Besuki Situbondo.
BMT NU merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki visi dan
misi menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai Syariah secara murni dan
konsekuen sehingga menjadi acuan tata kelola usaha yang profesional dan amanah
sehingga bisa membantu masyarakat kecil yang jarang disentuh oleh lembaga
keuangan untuk mengembangkan usahanya dan menjadikan perekonomiannya
semakin membaik. Salah satu layanan di BMT NU yaitu pick up service. Pick up
service ini sangat memperhatikan kepuasan nasabah, sebagaimana yang di
terapkan oleh BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo.
Adapun fokus penelitian ini (!) bagaimana implementasi pick up service
produk tabungan dalam meningkatkan customer satisfaction, (2) bagaimana
hambatan dalam melakukan pick up service di KSPPS BMT NU Situbondo
Cabang Besuki, dan (3) bagaimana solusi yang diterapkan pada hambatan yang
terjadi dalam pick up service di KSPPS BMT NU Situbondo Cabang Besuki
Adapun penelitian ini memilki tujuan (1) untuk menganalisis implementasi
pick up service produk tabungan dalam meningkatkan customer satisfaction di
BMT NU Situbondo Cabang Besuki, (2) untuk mengetahui hambatan dalam
melakukan pick up service di KSPPS BMT NU Situbondo Cabang Besuki (3)
untuk mengetahui solusi yang diterapkan pada hambatan yang terjadi dalam pick
up service di KSPPS BMT NU Situbondo Cabang Besuki.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi, analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) nasabah merasa puas dengan layanan
pick up serviceyang sudah diterapkan, nasabah dengan mudah menabung atau
menarik tabungan dengan menunggu staff tabungan yang datang ketempat
nasabah. nasabah tabungan juga merasakan kepuasan bagi hasil yang di dapatkan
dari pendapatan usaha BMT NU sehingga nasabah tersebut berlaku loyal kepada
bank dimana banyak yang menabung bertahun tahun karena kepuasan yang
dirasakan oleh nasabah tersebut yang di dapat dari pelayanan BMT NU yang di
berikan. (2) Hambatan yang terjadi karena waktu, dan juga cuaca disaat musim
hujan. (3) Solusi yang diberikan yaitu menambah staff tabungan dan
mengoptimalkan pelayanan ketika cuaca tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Nuril Hidayati Dinil Islamiyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:52
Last Modified: 01 Jul 2024 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34898

Actions (login required)

View Item View Item